PASBANDUNG

Masjid Lautze 2 jadi Saksi Bisu Ribuan Keturunan Tionghoa Memeluk Agama Islam

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Masjid Lautze 2 yang berada di Jalan Tamblong, Kota Bandung, Jawa Barat menjadi saksi bisu bahwa ribuan keturunan Tionghoa memeluk agama Islam. Diketahui, terhitung sejak tahun 2017 ada 217 warga yang memilih menjadi seorang mualaf.

Tidak seperti masjid pada umumnya, Masjid Lautze 2 memiliki ciri oriental yang sangat kental dengan warna merah dan diselingi warna kuning. Dua warna ini seolah menegaskan bahwa masjid ini dibangun oleh warga keturunan Cina yang sudah memeluk agama islam.

Dibangun pada 27 tahun silam, masjid ini menjadi masjid beraksitektur Cina tertua di Kota Bandung. Masjid yang dihiasi oleh lampu lampion ini hanya mampu menampung 700 jamaah.

Tak heran bila memasuki bulan Ramadan, jalan trotoar sering kali dijadikan tempat untuk salat berjamaah karena jamaah yang banyak. Selain itu, terdapat sejumlah Alquran yang memiliki terjemahan bahasa Cina.

“Selain tempat untuk beribadah, masjid ini pun sebagai tempat untuk komunitas. Khususnya komunitas Tionghoa beragama islam untuk saling berbagi ilmu pengetahuan maupun keagamaan,” kata Ketua DKM Masjid Lautze 2 Bandung, Koko Rahmat Nugraha.

Koko mengatakan pada bulan Ramadan tahun ini, masjid ini memiliki sejumlah agenda keagamaan seperti salat tarawih, tadarus hingga bagi-bagi takjil.

“Dengan adanya bangunan masjid beraksitektur Cina ini diharapkan dapat membangun dan menjaga toleransi beragama agar keutuhan NKRI tetap terjaga selamanya,” harap Koko. (uby)

Uby

Recent Posts

Prodi Fotografi Unpas Jelajahi Destinasi Unik di Sumedang dan Majalengka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program Studi Fotografi Universitas Pasundan atau Unpas kembali mengadakan kegiatan tracking poin…

42 menit ago

Perapihan Kabel Udara Capai 42 Titik Ruas Jalan Kota Bandung Sepanjang 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung terus melakukan upaya merapikan kabel…

2 jam ago

Firasat Dimas Drajad Mengenai Laga Persib vs Persija Terbukti Nyata

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad merasakan ambisi menggebu jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta…

3 jam ago

Erick Thohir Marah Besar Tentang Kerusuhan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kerusuhan Persib membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir marah,  ketika mengetahui adanya…

3 jam ago

Ketua Umum Viking Persib Kecam Kekerasan Suporter: Kekerasan Tidak Bisa Dibenarkan!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ketua Umum Viking, Tobias Ginanjar, menanggapi kericuhan yang dilakukan oleh oknum suporter…

4 jam ago

Sikap Persib dan LIB soal Kericuhan Usai Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kericuhan terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, tepatnya usai laga…

5 jam ago