PASOLAHRAGA

Koleksi Piala Persib Bertambah Lagi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKoleksi piala milik Persib Bandung kini bertambah lagi. Hal itu setelah Persib menerima trofi dari keluarga almarhum Risnandar Soendoro.

Risnandar Soendoro sendiri merupakan legenda Persib. Ia bermain untuk Persib dalam kurun 1968-1978. Dalam perjalanannya, Risnandar bahkan pernah didaulat sebagai Pemain Terbaik Kejuaraan PSSI 1973.

Risnandar juga pernah menjadi pelatih Persib, yaitu pada 1983-1983, 1995-1996, dan 2006.

Dilahirkan di Bandung, 31 Januari 1948, Risnandar meninggal dunia pada 3 Maret 2016. Ia merupakan salah seorang klan Soendoro di Persib selain Soenarto (1950-1960-an), Soenaryono (1960-an), dan terakhir Giantoro (1970-1980-an).

Adapun trofi yang diberikan dari keluarga almarhum Risnandar adalah trofi peringkat ketiga Kejuaraan Nasional PSSI 1964/1965 dan runner-up Piala Siliwangi II/1978

Kedua trofi penting tersebut diserahkan putra sulung Risnandar, Ris Imantoro kepada Head Of Communication Persib Adhi Pratama yang didampingi Media Officer Jatnika M. Sadili dan Editor persib.co.id Endan Suhendra di Graha Persib, Kota Bandung, Kamis (30/3/2023).

Kedua trofi yang kondisinya masih cukup baik itu langsung menghiasi etalase piala yang berjejer di Persib Store bersama koleksi lainnya.

Usai prosesi penyerahan, Adhi menyampaikan terima kasih kepada keluarga almarhum Risnandar yang sudah menjaga memorabilia Persib ini. Adhi berjanji menjaga dua trofi bersejarah yang diserahkan secara sukarela oleh keluarga almarhum Risnandar.

“Sebuah kebanggaan bagi kami menemukan bukti-bukti prestasi PERSIB di masa dulu. Ini tentunya akan kami jaga sebagai bukti sejarah yang bisa dinikmati oleh generasi mendatang,” kata Adhi dalam keterangan resminya.

Adhi berharap ke depan akan lebih banyak lagi memorabilia lain yang bisa dikumpulkan Persib.

Sementara itu, Imantoro mengatakan kedua trofi tersebut sudah sepantasnya dijaga Persib. Sebab merupakan bagian sejarah panjang skuad berjuluk ‘Maung Bandung’.

“Dengan dijaga Persib, kedua trofi yang ditemukan di rumah almarhum ayah saya ini bisa lebih bermanfaat, terutama sebagai bahan literasi dan edukasi buat pecinta PErsib sekarang dan masa yang akan datang,” kata Imantoro.

Sebagai tambahan informasi, Persib menempati peringkat ketiga Kejurnas PSSI 1964/1965 usai mengalahkan Persija Jakarta 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 14 Agustus 1965.

Sementara trofi runner-up Piala Siliwangi II/1978 diraih setelah PERSIB harus mengakui keunggulan Persija 1-2 pada partai puncak di Stadion Siliwangi Bandung. (ars)

Aris

Recent Posts

Hari Pertama Kampanye, Ronald Surapradja Sapa Warga Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Ronald Surapradja, memulai masa…

32 menit ago

Mensos Tinjau Penyaluran Bantuan Korban Gempa Bandung Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial Saifullah Yusuf melakukan kunjungan kerja ke posko utama penanganan gempa…

2 jam ago

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

3 jam ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

3 jam ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

4 jam ago

Mensos Hadiri Wisuda Lulusan Poltekesos: Siap Hadapi Tantangan Sosial

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial RI, Saifullah Yusuf, hadir dalam wisuda program magister dan sarjana…

5 jam ago