PASOLAHRAGA

Sedihnya Dedi Kusnandar Lihat Tiga Juniornya Gagal Mendunia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMGelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar menyesalkan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sebab, itu merupakan kesempatan yang sangat langka.

Dengan berstatus tuan rumah, Indonesia bisa tampil otomatis di ajang tersebut. Dengan begitu, para pemain muda Indonesia punya panggung untuk mendunia.

“Saya juga mendapat kabar itu sangat sedih, apalagi saya sebagai pemain dan pecinta sepak bola Indonesia, dengan adanya event skala besar ini tidak datang dua kali kesempatan ini,” ujar Dedi di Graha Persib, Kota Bandung, Kamis (30/3/2023).

Ia sendiri mengakui paham apa yang dirasakan tiga juniornya di Persib yang jadi bagian Timnas U-20. Mereka adalah Robi Darwis, Kakang Rudianto, dan Ferdiansyah.

Mereka diyakini merasa terpukul akibat keputusan FIFA tersebut. Mimpi tampil di panggung dunia dan di negaranya sendiri pun harus dikubur dalam-dalam.

Namun, seperti kata pelatih Luis Milla, menurutnya hal itu jangan membuat ketiganya terus larut dalam kesedihan. Sebab masih ada kesempatan lain yang bisa membuat karier mereka terus berkembang, bahkan menjadi pemain kelas dunia.

“Saya dapat merasakan perasaan mereka seperti apa. Tapi seperti yang coach bilang, hidup harus terus berjalan, apalagi karier mereka masih panjang dan (saya) tahu potensi mereka sangat besar. Jadi jangan berkecil hati,” papar Dedi.

Ia pun berharap ada hikmah tersendiri dari kenyataan pahit itu. Ia juga berharap semangat ketiganya agar tak runtuh. Sebaliknya, mereka diharapkan lebih termotivasi lagi untuk jadi pemain top.

“Semoga ada hikmah di balik ini. Mudah-mudahan ini menjadi lonjakan karier buat mereka dan tetap semangat, karena saya tahu potensi mereka,” pungkas Dedi.

Pemain Muda Punya Karier Panjang

Bukan hanya Dedi, kesedihan juga dirasakan pelatih Persib Bandung Luis Milla. “Bagi saya negara ini sudah menjadi negara kedua saya dan saya sangat sedih. Ini kabar yang sangat buruk bagi Indonesia karena gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20,” ujar Luis Milla di Graha Persib, Kota Bandung, Kamis (30/3/2023).

Kegagalan itu jelas membuat banyak mimpi hancur, terutama para pemain yang tergabung di Timnas U-20. Namun, hidup harus terus berjalan. Kenyataan harus tetap ditelan meski pahit.

Menurutnya, para pemain itu masih bisa memiliki masa depan cerah meski gagal tampil di ajang bergengsi tersebut. Ia yakin suatu saat para pemain muda yang ada bisa menggapai mimpinya.

“Hidup harus berlanjut dan pemain muda masih punya karier yang panjang,” tegasnya.

Persib sendiri memiliki tiga pemain yang jadi bagian Timnas U-20. Mereka adalah Robi Darwis, Kakang Rudianto, dan Ferdiansyah.

Ia meyakini ketiga pemain mudanya itu merasa terpukul. Sehingga sebagai pelatih, ia berusaha membangkitkan semangat mereka.

“Kini saya harus berbicara dengan mereka, memberi motivasi. Mereka harus diberi motivasi dan mengontrol pikirannya karena masih menjadi bagian dari kami,” tuturnya.

Pria asal Spanyol itu pun yakin ketiganya akan bisa bangkit. Bahkan, jika dipercaya tampil di sisa laga Persib, mereka akan ‘mengamuk’ dan memberikan kemampuan terbaiknya untuk ‘Maung Bandung’.

“Sebagai pelatih, saya harus memberi dukungan bagi mereka saat ini. Saya yakin besok Kakang, Robi, dan Ferdi akan melakukan tugasnya dengan baik dan memainkan laga dengan sangat bagus. Saya yakin itu,” ungkap Luis Milla. (ars)

Aris

Recent Posts

Hari Pertama Kampanye, Ronald Surapradja Sapa Warga Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Ronald Surapradja, memulai masa…

30 menit ago

Mensos Tinjau Penyaluran Bantuan Korban Gempa Bandung Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial Saifullah Yusuf melakukan kunjungan kerja ke posko utama penanganan gempa…

2 jam ago

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

2 jam ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

3 jam ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

3 jam ago

Mensos Hadiri Wisuda Lulusan Poltekesos: Siap Hadapi Tantangan Sosial

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial RI, Saifullah Yusuf, hadir dalam wisuda program magister dan sarjana…

4 jam ago