PASBANDUNG

Petugas Damkar Evakuasi Ular Di Gedung Pendidikan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan evakuasi sejumlah ular. Salah satunya indukan ular kobra yang berhasil ditangkap di kawasan lingkungan pendidikan Padalarang, Bandung Barat pada Sabtu (1/4/23) petang.

Sebelumnya pihak Damkar KBB mendapat laporan dari pihak management Stikes Borromeus yang kerap melihat ular berkeliaran di lingkungan gedung pendidikan. Mulai dari ular sanca, ular welang hingga ular kobra.

Rizal seorang petugas Damkar KBB mengatakan pihaknya melakukan penyisiran di area perkebunan di belakang gedung yang dianggap menjadi sarang ular.

Setelah melakukan penyisiran akhirnya pihaknya berhasil menemukan beberapa ekor dan jenis ular. Termasuk indukan ular kobra untuk kemudian dievakuasi dari lokasi.

“Tadi dapat laporan dari pihak security Stikes Borromeus terkait adanya ular kobra,” ujar Rizal usai melakukan evakuasi ular.

Menurutnya area kebun dan tumpukan barang bekas menjadi area favorit ular untuk bersembunyi. Untuk itu penanganan ekstra pun dibutuhkan dalam mengevakuasi ular terutama jenis kobra.

“Biasanya sih di tempat-tempat seperti ini atau ada ditumpukan barang-barang bekas. Untuk kobra harus safety. Terutama di kacamata karena jenis kobraa bisanya kan menyembur,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan KBB, Siti Aminah Anshoriah menjelaskan jika setiap harinya pihak Damkar menerima laporan warga yang minta untuk evakuasi ular ataupun sarang tawon.

“Damkar dan penyelamatan, sebenarnya yang kebakaran itu gak kita inginkan ya. Semuanya gak menginginkan itu. Namun itu bisa dibilang kondisi darurat, penyelamatan juga sebenarnya hal yang tidak kita inginkan mungkin karena keseimbangan alam yang tidak seimbang. Ada tawon terus ada ular masuk kampung, dan itu semua teleponnya ke Damkar,” jelas Siti.

Ular-ular yang berhasil di evakuasi nantinya akan dikembalikan pihak Damkar ke tempat yang aman dan jauh dari pemukiman warga atau diserahkan kepada komunitas reptil. (uby)

Uby

Recent Posts

Penyebaran Islam di Purwakarta, Berawal Menyasar Pengawal Kerajaan Pajajaran

KAB PURWAKARTA, WWW.PASJABAR.COM - Sejarah penyebaran agama Islam di Kabupaten Purwakarta cukup unik, pasalnya sasaran…

11 jam ago

Waspada Akumulasi, Tujuh Pemain Timnas Indonesia Sudah Diganjar Kartu Kuning

WWW.PASJABAR.COM -- Hingga saat ini ada tujuh pemain Timnas Indonesia yang diganjar kartu kuning wasit…

23 jam ago

Alami Cedera, Jordi Amat Bertekad Bisa Hadapi China

WWW.PASJABAR.COM -- Saat melawan Bahrain, pemain Timnas Indonesia Jordi Amat mengaku mengalami cedera. Alhasil, bek…

1 hari ago

Koeman Pertanyakan Keputusan Wasit yang Mengganjar Kartu Merah Virgil van Dijk

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman pertanyakan keputusan wasit yang memberikan kartu merah kepada…

1 hari ago

Trik China Masih Berlaku, Timnas Indonesia Harus Bangun Sedini Mungkin

WWW.PASJABAR.COM -- Tim nasional Indonesia perlu bangun sedini mungkin karena trik Timnas China pada Kualifikasi…

1 hari ago

Timnas Belanda Ditahan Imbang 1-1 Saat Menghadapi Hunggaria

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Belanda harus puas bermain imbang 1-1 saat menghadapi Hungaria pada laga Grup…

1 hari ago