HEADLINE

Go Internasional, 4 Mahasiswa FH Unpas Ikuti Asia Regional Mock CLE Evidence Exclusionary Hearing

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Empat mahasiswa Fakultas Hukum Unpas mengikuti Asia Regional Mock CLE Evidence Exclusionary Hearing belum lama ini yang digelar oleh BABSEACLE.

BABSEACLE merupakan Organisasi Kemanusiaan yang bergerak di bidang keadilan dan bantuan hukum, terutama melakukan pendidikan dan memberikan motivasi pro bono bagi para mahasiswa dan praktisi hukum.

Workshop ini diikuti oleh beberapa negara dari Asia Tenggara yakni Bangladesh, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapore, Thailand, Vietnam.

Sedangkan rangkaian kegiatan ini diselenggarakan pada kurun waktu Februari – April, namun untuk Final dari Mock Trial nya diselenggarakan 1 April. Kegiatan ini virtual lewat zoom.

Adapun mahasiswa FH Unpas yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya Robert Febriyanto Turnip, Hanina, Anom Gilang Pamungkas, dan Andian Achya.

Mereka menjadi tim defence lawyer team yang tergabung dengan beberapa anggota dari negara lain, Anom Gilang menjadi salah satu finalis dalam kegiatan ini.

Anom mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik mahasiswa-mahasiswa hukum di daerah Asia tentang cara berpikir kritis, dan mengenai pentingnya pro bono atau pemberian bantuan hukum untuk menegakkan keadilan.

“Selain itu kami mempelajari juga peradilan dalam sistem hukum Anglo-Saxon,” tuturnya kepada PASJABAR, Kamis (6/4/2023).

Ia pun mengaku sangat antusias mengikuti acara ini terutama dikarenakan sistem hukum yang dianut di Indonesia lebih dominan Eropa Kontinental.

“Dalam Mock Trial ini yang kita pelajari merupakan sistem yang berbeda, hal tersebut sangat menarik untuk dipelajari,” tambahnya.

Anom melanjutkan bahwa kegiatan ini penting diikuti untuk mengembangkan cara berpikir, dan mempelajari cara berpikir cepat dan kritis. Dikarenakan dalam situasi pengadilan perlu berpikir cepat.

“Harapannya, kami dan rekan rekan lebih mendalami hukum bukan hanya sebagai mata pencaharian, namun mengetahui bahwa keadilan dan hukum merupakan suatu hal yang penting dan sebagai calon praktisi kita harus mampu mengedukasi masyarakat tentang hukum,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

4 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

5 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

6 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

7 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

8 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

9 jam ago