PASBANDUNG

Perumda Tirtawening Jalin Kerja Sama dengan PJT II

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Perumda Tirtawening Kota Bandung, sudah menjalin kerja sama dengan Perumda Jasa Tirta (PJT) II. Kerja sama ini dilakukan dengan metode Businness to Businness.

“Karena B to B semestinya lebih mudah dibandingkan KPBU (Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha). Walaupun dalam perjalanan admistrasi harus dapat izin prinsip dari pemilik BUMD dalam hal ini wali kota,” ujar Direktur Utama Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi, kepada wartawan Rabu (5/4/2023).

Menurut Sonny, Pembangunan ini membutuhkan dana sebesar Rp4 triliun dan sudah mendapat support oleh Kementrian PUPR dan Kementrian BUMN. Untuk jangka waktu pembangunan diperkirakan selama dua tahun. Jika semua lancar maka akan dilakukan ground breaking pada akhir tahun ini.

“Jadi pada 2026, aliran air sudah dapat dinikmati 350 ribu warga Kota Bandung,” katanya.

Dalam kerja sama ini, timbul hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Sonny mengatakan, untuk pihak PJT II memiliki kewajiban menghadirkan air minum ke Kota Bandung sebanyak 3.500 liter per detik.

“Tentunya dengan air minum yang kualitas sesuai dengan Permenkes 492 tahun 2012 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum,” ujarnya.

Sonny menjelaskan, untuk sumber air diambil dari Danau Saguling, yang merupakan wilayah PJT II. Dari Saguling dipompa ke instalasi pengolahan yang ada di saguling, menjadi air minum. Dari Saguling dipompakan melalui pipa transmisi yang panjangnya sekitar 15 km dengan diameter 1,7 meter, ke daerah Gunug Batu.

“Karena kita ada lahan seluas 15 ribu meter persegi, yang nantinya di sana akan dibangun reservoar raksasa dengan kapasitas 30 ribu kubik, ” tuturnya.

Saguling dan Gunung Batu Punya Ketinggian Berbeda

Saguling lebih rendah, sehingga harus dipompa. Dari Gunung Batu akan dibangun pipa untuk mengalirkan air ke 14 kecamatan, untuk 350 ribu pelanggan.

Sonny menyebut penyediaan pipa sambungan dari Saguling ke reservoar dan pembangunan reservoar juga sudah menjadi tanggung jawab PJT II.

“Jumlah 350 ribu pelanggan tersebut merupakan jumlah KK yang ada di Kota Bandung,” terangnya.

Ke 14 kecamatan itu di antaranya, Andir, Astanaanyar, Babakan Ciparay, Bandung Kidul, Bandung Kulon, Bandung Wetan, Batununggal, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Buahbatu, Cicendo, Lengkong, Regol dan Sumur Bandung.

Sonny mengatakan, untuk yang sudah terpasang akan dipasang pipa baru, karena pipa Perumda sudah lama dan rawan bocor. Ini sesuai jumlah KK di Kota Bandung.

“Kita juga tidak punya dokumentasi data kondisi pipa. Pelanggan ini ada di sekitar 14 kecamatan di Kota Bandung. dan dipastikan para pelanggan dipastikan teraliri 24 jam,” ucapnya.

Kewajiban Perumda Tirtawening, adalah memasarkan agar seluruh penduduk atau masyarakat dapat mengakses dan berlangganan air minum.

Sonny menambahkan, investasi yang sudah ditanamkan oleh mereka akan dikonversi ke dalam tagihan air.

Dalam pembangunan ini, lanjut Sonny melibatkan beberapa stakeholder. Karenanya, Sonny mengundang seluruh anggota DPRD Kota Bandung, untuk melihat langsung kondisi air baku di Danau Saguling.

“Dengan mengundang anggota DPRD Kota Bandung, bisa menyampaikan program kepada konstituen,” pungkasnya. (Put)

Putri

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

50 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

54 menit ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago