PASBANDUNG

DPD PKS Kota Bandung Gelar Kegiatan Ngabuburead Al-Quran

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Selama Ramadan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan DPD PKS Kota Bandung. Diantaranya tadarus, membagikan takjil di setiap Sabtu, dan di akhir Ramadan menggelar iktikaf bersama.

“Jadi kalau untuk awal Ramadan, kita membagikan jadwal imsakiyah,” ujar Ketua DPD PKS Kota Bandung, Ahmad Rahmat Purnama, kepada wartawan, Rabu (12/4/2023).

Selain itu, lanjut Ahmad, DPD juga membagikan takjil gratis di setiap Sabtu, kecuali Sabtu terakhir. Takjil juga diberikan oleh masing-masing DPC di 30 kecamatan.

Khusus untuk pejabat publik, Ahmad mengatakan pihaknya mendorong untuk melakukan tarawih dan subuh keliling.

Ngabuburead Al-Quran

Sedangkan di malam Nuzulul Quran, Ahmad mengatakan ada kegiatan Ngabuburead Quran di sepanjang Jalan Asia Afrika yang memang menjadi tempat kumpul anak-anak muda kota Bandung untuk mengapresiasikan seni dengan berbagai macam kegiatan.

“Walaupun memang, untuk kegiatan tadarus, dianjurkan dilakukan setiap hari, baik itu secara individu atau bersama-sama,” terangnya.

Dari kegitatan seni yang sering ada di Jalan Asia Afrika ini adalah, anak-anak muda yang menampilkan cosplay para tokoh-tokoh Super Hero dunia yang ada dalam komik dan film.

“Di acara Ngabuburead Quran ini selain anak-anak muda milenial dan gilenial juga mereka yang cosplay super hero,” tambah Ahmad.

Ahmad juga mengatakan, acara Ngabuburead Al-Quran ini salah satu bentuk syi’ar yang ingin disampaikan ke masyarakat.

“Jadi membaca Al-Quran bisa di mana saja tidak harus selalu di masjid atau di rumah. Di tempat umum seperti ini pun bisa beribadah, termasuk membaca Al-Qur’an. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, meski tidak dilalukan setiap hari tapi ini hanya sebuah stimulan atau hanya sebuah stimulasi kepada masyarakat bahwa kegiatan membaca Al-Qur’an sebaiknya bisa dilakukan setiap saat dan setiap waktu. Tidak harus ke masjid dan juga tidak harus dibulan Ramadan saja,” harapnya.

Dia berharap di momentum Ramadan ini banyak pemuda Kota Bandung yang membuat Gerakan kebaikan yang sama. Sehingga generasi milenial dan generasi zilenial dapat mengoptimalkan potensi kebaikannya selama di bulan Ramadan.

Kegiatan Ngabuburead bersama Al-Quran adalah rangkaian kegiatan PKS Kota Bandung dibulan Ramadan. Antusisme dikegiatan ini juga disampaikan oleh salah satu perserta Ngabuburead yang menggunakan kostum superhero yaitu Dadang “Batman”.

Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat apalagi disaat bulan Ramadan, karena Ngabuburead bersama Al-Quran menginginkan kepada masyarakat yang hadir untuk selalu ingat membaca Al-Quran.

Tujuan Kegiatan Ngabuburead Al-Quran

Sementara itu, Ketua pelaksana acara Ngabuburead Quran, Zaenal Sahar menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah mengirimkan pesan cinta yang di dalamnya ada kata-kata motivasi untuk mengoptimalkan ibadah selama bulan Ramadan.

“Dengan acara ini, kami juga ingin membaca Al-Quran bersama menunjukan anak muda yang setiap saat selalu dekat dengan Al-Quran dimanapun berada,” katanya. (put)

Putri

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

9 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

33 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago