PASBANDUNG

Masyarakat Majalaya Tolak Ijin Tempat Ibadah Umat HKBP, Polresta Bandung Berhasil Fasilitasi

ADVERTISEMENT

SOREANG, WWW.PASJABAR.COM — Polresta Bandung berhasil fasilitasi antara masyarakat Kecamatan Majalaya dengan Umat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Gedung Sabilulungan, Mapolresta Bandung.

Fasilitasi tersebut dilakukan lantaran adanya penolakan dari masyarakat Kecamatan Majalaya terkait ada tempat ibadah yang tak berijin yang dilakukan oleh HKBP.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan penolakan tersebut terjadi pada Maret 2021, dimana pada tahun tersebut warga masyarakat Kecamatan Majalaya menolak adanya tempat ibadah ilegal.

“Memang pada bulan maret 2021 ada penolakan dari warga masyarakat sekitar berkaitan dengan narasi tempat peibadatan ilegal, sehingga kami turun langsung melihat ke lapangan apa permasalahannya,” kata Kusworo, Rabu (12/4/2023).

“Ternyata tempat ibadah tersebut menempati sebuah ruko yang secara peraturan daerah Bupati Bandung bahwa ruko tersebut memang bukan untuk tempat ibadah,” sambungnya.

Kusworo menjelaskan sehingga itulah dasar dari penolakan masyarakat, rentan waktu yang ada semenjak bulan maret 2021 itu kepolisian telah memfasilitasi HKGP di Mako Brimob Polda Jabar.

Berjalan beberapa kali pindah tempat ibadahnya ke batalyon 330. Kemudian berjalan beberapa kali juga HKBP Kabupaten Bandung ini bergabung dengan tempat gereja yang ada di Kota Bandung.

“Namun demikian solusi yang didapatkan adalah tempat-tempat yang saya sebutkan tadi itulah tempat ibadah sementara. Dimana ruko tersebut niat untuk dijual dan kita sama-sama mencari tempat untuk dibangunnya tempat ibadah dari awal,” ujarnya.

“Lahannya sudah ketemu. Hanya saja untuk pembangunan tempat ibadah tersebut membutuhkan biaya yang mana biaya tersebut akan diambil dari hasil penjualan ruko maris,” jelasnya.

Hasil Mediasi dan Kesepakatan

Dari hasil mediasi dan kesepakatan saat ini, akhirnya semua lapisan masyarakat baik itu tokoh agama. Baik dari Kecamatan, nanti akan dibuatkan peraturan dari Pemkab Bandung untuk memberikan ijin sementara.

“Ijin sementara ini diatur oleh pemerintah daerah untuk waktunya ini masih dibahas. Mungkin 2 tahun atau 3 tahun atau maksimal dimana waktu ijin sementara itu adalah tenggang waktu untuk seandainya gerejanya ini bisa dijual,” tuturnya.

Lanjut Kusworo, seandainya belum terjual ruko tersebut, maka dipersilahkan menggunakan ruko maris itu sebagai tempat ibadah. Sampai dengan batas waktu ijin sementara. Menurutnya, ini dilakukan sambil terus mengevaluasi bagaimana situasi kamtibmas kondusifitas di Kecamatan Majalaya.

“Kami tegaskan disini, intinya penolakannya kami pastikan bukan karena suatu agama tertentu kepada agama yang lain,” tegasnya.

Kusworo menambahkan ruko tersebut adalah ruko yang bukan diperuntukan untuk ibadah. Namun demikian solusinya sudah dapat yaitu berupa ijin sementara sampai dengan ruko tersebut sampai laku terjual.

“Lahannya untuk tempat ibadah yang baru sudah ada, itu pun yang mencari adalah tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Majalaya. Jadi Ini adalah bentuk semangat kebersamaan, semangat kekompakan dan semangat solusi,” pungkasnya. (ctk)

Cutang

Recent Posts

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

28 menit ago

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

1 jam ago

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

2 jam ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

3 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

4 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

5 jam ago