PASBANDUNG

Berburu Malam Lailatul Qadar di Masjid Habiburrahman Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Berburu malam Lailatul Qadar dengan itikaf dilakukan umat muslim pada kesembilan hari di penghunjung bulan Ramadan.

Sejumlah umat muslim berbondong-bondong mendatangi beberapa Masjid di Bandung. Salah satunya adalah Masjid Raya Habiburrahman yang terletak di kawasan Jalan Pajadjaran, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/4/2023) malam.

Sebagai tempat pelaksanaan itikaf, masjid ini memang terbilang unik. Betapa tidak, selain didatangi warga sekitar, masjid yang terletak tepat di sebrang pabrik pesawat terbang ini banyak didatangi warga dari luar daerah. Mereka bahkan rela menginap dan mendirikan tenda hanya untuk melaksanakan ibadah Lailatul Qadar.

Para jamaah yang mendirikan tenda umumnya membawa sanak keluarga mereka. Tak heran, beberapa di antaranya bahkan ada yang membawa anak-anak.

“Untuk tahun ini ada 600 jamaah atau peserta yang mengikuti itikaf di Masjid Habiburrahman. Tahun ini ada jamaah dari Jabodetabek dan paling jauh dari Kalimantan. Mereka sengaja datang kesini untuk beritikaf,” kata Ketua DKM Masjid Habiburrahman, Ibnu Wintarto, Kamis (13/4/2023) malam.

Selain ibadah lebih khusyuk, para jamaah umumnya memilih itikaf di masjid ini sekaligus untuk menghafal Al-Quran setelah mendengarkan imam tarawih yang memang sengaja mendatangkan ustadz yang hafidz Quran.

Di masjid ini, pelaksanaan tarawih ba’da Isya dilakukan dengan bacaan salat hingga satu juz diselingi tidur dua jam kemudian dilanjutkan dengan Qiyamullail berjamaah dari pukul 00:30 selama tiga jam hingga waktu sahur nanti. (uby)

Uby

Recent Posts

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

15 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

45 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

1 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago