PASNUSANTARA

Seribu Senyum Nusantara Berbagi Kebaikan dan Inspirasi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Senyum Anak Nusantara (SAN) belum lama ini menggelar program kerja Seribu Senyum Nusantara (SSN) yang dilaksanakan setiap tahun di bulan ramadhan.

Acara ini selaras dengan visi SAN menjadi organisasi mandiri yang mampu menumbuhkan jiwa sosial generasi muda Indonesia untuk mengabdikan diri dalam rangka menginspirasi anak-anak negeri.

Adapun Senyum Anak Nusantara (SAN) merupakan komunitas sosial yang memiliki fokus perhatian kepada anak-anak. Kini SAN telah bergerak di 76 kota se-Indonesia dan salah satunya Kota Bandung.

Ketua SAN Chapter Bandung sekaligus penyelenggara dari Seribu Senyum Nusantara, Anggia mengungkapkan bahwa komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) yang berkolaborasi dengan Komunitas Sekolah Budaya Adhikari.

Seribu Senyum Nusantara (SSN) kali ini dilaksanakan di Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DISKAR PB) Kota Bandung dengan menggandeng anak-anak panti asuhan Al-Yasin dengan jumlah sekitar 41 anak dan 1 pendamping.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini selain untuk menjalin silaturahmi dengan sobat adhikari dari panti asuhan Al-Yasin, kita juga memberikan support atau semangat di bulan ramadhan ini agar mereka yang tujuan utamanya itu memiliki semangat lebih untuk menggapai cita-cita,” ungkapnya dalam rilis yang diterima PASJABAR.

Selain itu, sambung Anggia, kegiatan ini juga menjadi ruang kebermanfaatan, entah itu dari segi materi ataupun edukasi yang diberikan oleh Komunitas Senyum Anak Nusantara beserta Sekolah Budaya dan juga diiringi atau dibersamai DAMKAR kota Bandung.

“Antusiasme peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini alhamdulillah mereka sangatlah antusias, walaupun mereka sudah panas-panasan tetapi mereka bertahan sampai jam 7 malam ataupun sampai acaranya selesai. Mereka tetap stay, mereka tetap ketawa, dan tetap mau mengikuti rangkaian acara yang kita adakan. Seperti halnya belajar, nonton drama atau kabaret itu mereka sangat antusias. Apalagi pada saat mereka disuruh untuk speak up di depan umum jadi mereka semangat untuk menunjukkan diri mereka”, paparnya.

Anggia mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan, karena ini adalah suatu proses sebuah kebaikan yang dimana kita berbagi kebermanfaatan, baik yang sudah dijelaskan di atas yaitu dari segi materinya dan edukasinya, khususnya untuk sobat Adhikari dari panti asuhan Al-Yasin.

“Kegiatan ini juga sebagai wadah untuk menggapai cita-cita mereka dan salah satu menjadi ladang pahala juga untuk kita sendiri. Nah, yang paling utama kenapa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan, yaitu karena ini sebagai pondasi utama dalam membangun generasi yang lebih baik kedepannya dan bermanfaat bagi orang banyak”, tandasnya.

Anggia mengatakan bahwa ia berharap acara ini dapat memberikan manfaat.

“Harapan panitia diadakan acara ini yaitu semoga hal-hal kecil yang kita sampaikan buat sobat Adhikari dari panti asuhan Al-Yasin sekecil apapun itu bisa bermanfaat untuk mereka bisa mereka ambil hal-hal positifnya dan dijadikan motivasi untuk mereka sebagai generasi selanjutnya lebih baik. Yang paling penting semoga kegiatan ini terus berlanjut, karena ini sebagai salah satu jalan untuk menyambung kebaikan” tandasnya.

SAN juga memiliki beberapa program kerja yang akan dilaksanakan setelah libur lebaran.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua anggota SAN terkhusus chapter Bandung mampu menikmati libur lebaran dengan tenang tanpa terganggu oleh beban kerja kegiatan yang belum terlaksana.

“Mungkin setelah kegiatan SSN sendiri, selanjutnya masih ada kegiatan seperti Sekolah Nusantara, ekspedisi merah putih. Kegiatan tersebut merupakan salah satu hal yang bakal dipersiapkan, mungkin karena kita rehat lebaran. Next setelah lebaran dan liburannya, kita mulai merancang lagi program-program yang akan dipersiapkan. Mungkin salah satunya yang bakal difokuskan itu sekolah nusantara yang dilaksanakan selama enam bulan,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

56 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

15 jam ago