PASBANDUNG

Sampah Menggunung jadi Pemandangan di Setiap TPS Sementara di Kota Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ratusan ton sampah menjadi pemandangan di setiap tempat pembuangan sampah sementara di beberapa sudut Kota Bandung. Bahkan tidak sedikit gerobak sampah yang ditarik dari pemukiman masyarakat harus mengantre dan terparkir menghalangi lalu lintas.

Pada beberapa tempat pembuangan sampah seperti di Jalan Babakansari dan Cicadas, sampah organik dan anorganik tersebut nampak menggunung dan menutup akses jalan kendaraan masyarakat. Sehingga Para petugas kebersihan pun terlihat kewalahan untuk mengangkut sampah di TPS yang tersebar di Kota Bandung.

Sampah yang menggunung tersebut tak semuanya terangkut ke tempat pembuangan akhir dikarenakan akses jalan menuju TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat mengalami kerusakan.

“Pemkot bandung telah mencari alternatif pembuangan sampah dengan mereaktifasi TPA Cicabe untuk sementara waktu dan menekan sampah yang overload di 55 TPS. Namun baru sekitar 400 ton sampah yang terangkut ke TPS sementara itu,” kata Pelaksana Tugas Harian (Plh) Wali Kota bandung, Ema Sumarna saat melakukan peninjauan TPS sementara di kawasan Jalan Banten, Kota Bandung.

Pemerintah Kota Bandung berharap TPA Sarimukti bisa 100 persen optimal beroperasi kembali. Supaya pengangkutan sampah bisa berjalan tanpa hambatan.

“Berdasarkan informasi dari Kepala DLH dari 55 sekarang 30 overload yang kita atensi. Tapi saya ingin secara bertahap bisa normal,” ujarnya.

Diketahui, Kota Bandung menghasilkan sampah setiap harinya mencapai 1.500 ton. Bahkan pada hari-hari besar, volume sampah di Kota Bandung dua kali lipat meningkat dari hari biasanya.

Hal tersebut menjadi kendala Pemkot Bandung, apabila TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat mengalami kendala akses transportasi akibat jalan rusak dan penutupan sementara. (rif)

Budi Arif

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

11 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

12 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

13 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

14 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

15 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

16 jam ago