PASBANDUNG

Target Persib Bandung di Liga 1 dengan Format Baru

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Liga 1 musim 2023/2024 akan memakai sejumlah format atau regulasi baru. Persib Bandung pun tetap mengusung target juara.

Salah satu yang menarik adalah akan adanya format reguler series yang berlangsung pada 1 Juli 2023 hingga 28 April 2024. Setelah itu, empat tim teratas akan maju ke babak gugur hingga final.

Regulasi lain yang menarik adalah soal pemain asing. Setiap klub boleh memiliki 5 pemain asing bebas dan satu pemain ASEAN.

Total ada sembilan poin yang disampaikan PT LIB selaku operator kompetisi kepada semua klub. Tujuannya agar Liga 1 menjadi lebih baik.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengaku sudah menerima surat berisi pengumuman tersebut pada Minggu (14/5/2023). Prinsipnya, Persib sangat mendukung regulasi yang ada.

“Sudah (nerima surat) hari Minggu. Komentarnya ya kita mendukung, kan itu hasil sarasehan yang usulan dari klub,” ujar Teddy, Senin (15/4/2023).

Menurutnya, semua regulasi baru itu mengacu pada usulan klub. Di dalamnya juga termasuk soal usulan pemain asing yang akhirnya disetujui. “Hampir mayoritas dari 18 klub mengusulkan (regulasi) itu,” ucap Teddy.

Disinggung soal target Persib, ia menegaskan ‘Maung Bandung’ mengincar gelar juara. Persib pun tak masalah dengan format yang pada akhirnya kompetisi akan ditutup dengan laga final.

“Ya (masuk empat besar dulu), tapi target juara, dengan mekanisme apapun kita ikutin. Target ingin menjadi yang terbaik lah,” jelas Teddy.

Alasan Persib Tak Mau Buru-buru Umumkan Pemain Baru

Persib bandung memilih melakukan langkah senyap dalam berburu pemain baru. Sang pemain baru diumumkan saat benar-benar sudah resmi dikontrak.

Teddy Tjahjono membongkar alasan mengapa pihaknya begitu menutup rapat proses perekrutan. Sebab Persib tak mau gagal di tengah jalan ketika nama pemain incaran terendus ke publik.

Contoh teranyar adalah I Putu Gede. Teddy sempat membantah akan merekrut I Putu Gede. Namun selang beberapa hari, Putu Gede diumumkan jadi pemain anyar Persib.

Teddy sendiri mengatakan pasti akan membantah akan merekrut pemain tertentu yang dirumorkan. Kalaupun benar sedang didekati, ia akan tetap membantahnya selama sang pemain belum resmi jadi bagian Persib.

“Pasti saya akan terus membantah kalau belum ada pengumuman resmi, itu jawabannya,” ujar Teddy.

Menurutnya, dalam proses mendatangkan pemain selalu ada lika-liku. Bahkan bisa jadi pemain yang hendak didatangkan ujungnya gagal. Hal itu yang tak ingin dialami Persib.

“Jadi setiap semua situasi masih bisa terjadi sebelum ada ofisial, bukan masalah hoaks atau enggak, karena memang kita belum menkonfirmasi sebelum resmi,” tuturnya.

“Karena dalam negosiasi dan tanda tangan pun bisa ada pembatalan, ada hal hal begitu yang belum bisa kita konfirmasi,” kata Teddy.

Regulasi Baru

Sementara itu, pada Liga 1 musim depan, ada regulasi baru yang membuat klub bisa mengontrak lebih banyak pemain asing. Setiap klub boleh memiliki enam pemain asing dengan rincian lima pemain asing bebas dan satu pemain ASEAN.

Ia tak mau berbicara banyak soal regulasi itu, termasuk apakah Persib akan memaksimalkannya atau tidak. Yang pasti Persib baru akan mengumumkan pemain jika sudah fiks akan memakainya atau sudah mengontraknya.

Persib sendiri saat ini memiliki empat pemain asing. Rinciannya adalah Nick Kuipers, David da Silva, Ciro Alves, dan Daisuke Sato. Jika merunut pada regulasi, ada dua slot pemain asing bebas yang bisa dimaksimalkan Persib. “Ya tungguin aja (pengumuman resminya),” cetus Teddy. (ars)

Aris

Recent Posts

Petugas Masih Evakuasi Bangunan Warga Terdampak Gempa

KABUPATEN BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Lima hari paska gempa, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri dan…

1 jam ago

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

13 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

14 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

15 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

16 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

17 jam ago