HEADLINE

FEB Unpas menuju Unggul Berkelanjutan Lewat “Achievement Incubator Program 3.0”

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Fakultas Ekonomi dan Bisnis  (FEB) Universitas Pasundan menggelar Achievement Incubator Program 3.0 bagi mahasiswa pada Jum’at (19/5/2023) secara hybrid.

Kegiatan sosialisasi akademik dan rencana perkuliahan ini mengusung tema “Memperkokoh Integritas dan Sinergitas Menuju FEB Unpas yang Unggul Berkelanjutan”.

Adapun peserta terdiri dari 669 mahasiswa FEB Unpas yang hadir secara on site di Kampus FEB Unpas Taman Sari sebanyak 176 mahasiswa dan 515 lainnya secara online melalui zoom.

Dosen Prodi Akuntansi FEB Unpas sekaligus Ketua Penyelenggara, Endra Herdiansyah SE, M.Ak mengungkapkan bahwa kegiatan ini diprioritaskan mahasiswa angkatan baru tahun 2022.

Di samping itu juga turut mengundang angkatan sebelumnya yang tidak mengikuti atau tidak memenuhi syarat sehingga tidak memiliki sertifikat.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali mahasiswa dalam meningkatkan informasi terkait akademik dan administrasi perkuliahan, sehingga dengan ini, mahasiswa dapat melaksanakan perkuliahannya sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, menjalankan prosesnya dengan baik dan capaiannya sesuai dengan apa yang diharapkan bahkan sangat memuaskan,” jelasnya.

Topik yang dibahas dalam AIP 3.0 ini sambung Endra dibagi dalam empat pertemuan, di mana tidak hanya terkait sosialisasi akademik, tapi juga MBKM serta kegiatan kemahasiswaan dari LLDIKTI.

“Tak lupa kami juga memberikan pembekalan etika dan integritas, karena hal ini menjadi modal dalam aktifitas perkuliahan, bagaimana mereka berinteraksi dengan sesama teman dan dosen juga karyawan,” ucapnya.

Kemudian di akhir pertemuan, terangnya, akan ditutup dengan motivasi yang diberikan oleh psikolog agar semangat mahasiswa terus terjaga selama berkuliah.

Sementara itu, Wakil Dekan 1 sekaligus pemateri, Dr. H. Juanim, SE.,MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini penting digelar untuk mengingatkan mahasiswa agar dapat mencapai proses kelulusan dengan baik.

“Seringkali mahasiswa lupa dengan rencana studinya, kemudian mengalami hambatan, maka acara ini dilaksanakan untuk mengingatkan kembali bahwa dalam proses mencapai kelulusan, mahasiswa harus memahami aspek akademik, mulai dari merencanakan studinya, mengontrak mata kuliah, perwalian dengan dosen, memahami berbagai syarat terutama untuk praktek kerja, KKN, proses penyusunan skripsi hingga sampai meraih gelar sarjana,” paparnya.

“Selain itu, terkadang mahasiswa juga tidak tahu prosedur cuti, lalu mengabaikan dan meninggalkan perkuliahan tanpa cuti, sampai akhirnya beban studi menjadi lebih besar baik finansial maupun waktu,” tambahnya.

Juamin pun berharap melalui AIP 3.0 ini, mahasiswa dapat merencanakan studinya dengan lebih baik, memiliki batasan waktu dan biaya sehingga meraih keberhasilan studi.

“Dengan acara ini juga diharapkan tingkat kelulusan mahasiswa akan lebih tinggi, minimum 80 persen,” imbuhnya.

Juanim melanjutkan bahwa Fakultas Ekonomi diharapkan ke depan dapat menjadi salah satu fakultas yang memiliki akreditasi unggul dan segala proses untuk mencapai unggul tersebut membutuhkan perencanaan yang baik, komitmen serta sinergi civitas akademika.

“Acara ini menjadi bagian dari kegiatan yang mengarah pada pencapaian FEB Unpas tersebut,” pungkasnya. (Tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago