HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Dadang Supriatna Bahas Strategi Implementasi Kebijakan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Dadang Supriatna pada Rabu (31/5/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Strategi Implementasi Kebijakan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumedang.

Dadang mengatakan penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dirasakan dalam keberlanjutan pembangunan desa yang dilakukan oleh pemerintah desa dengan memanfaatkan anggaran dana desa yang dianggap sering meminggirkan peran dan keterlibatan masyarakat desa serta tidak melibatkan kearifan lokal yang kental masyarakat pedesaan.

“Sehingga terkesan program anggaran desa hanya sebagai rutinitas dan formalitas yang manfaatnya kurang efektif bagi warga desa itu sendiri,” katanya.

Dadang menerangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kebijakan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal, serta menemukan strategi yang dilakukan oleh para aktor dalam implementasi kebijakan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat desa berbasis kearifan lokal.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kebijakan Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal di Kabupaten Sumedang belum efektif. Hal ini dikarenakan unsur isi kebijakan dan lingkungan kebijakan belum sepenuhnya mendukung pelaksanaan Dana Desa di Kabupaten Sumedang,” jelasnya.

Menurutnya, unsur yang paling menghambat pelaksanaan kebijakan Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan loka! di Kabupaten Sumedang adalah faktor lingkungan, dan pengawasan pada lembaga dana desa baik di tingkat kabupaten maupun pemerintahan desa.

“Strategi yang ideal untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi Diversifikasi yaitu dengan memaksimalkan potensi kekuatan untuk mengatasi atau meminimalisir ancaman pada kebijakan Dana Desa di Kabupaten Sumedang dalam pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal di Kabupaten Sumedang,” katanya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Dadang Supriatna sebelum sidang terbuka adalah 3.62 dan IPK sidang terbuka 3.69. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Dadang Supriatna dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.63 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Dadang Supriatna Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Selama menempuh pendidikan di Pascasarjana Unpas, Dadang mengaku sebagai mahasiswa dan juga pegawai harus bisa me-manage waktu.

“Bagaimana harus membagi waktu untuk keluarga, melaksanakan tugas dan perkuliahan,” katanya.

Ia berharap Pascasarjana Unpas ke depannya lebih maju, lebih sukses dan bisa menyerap aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh para mahasiswanya. (ran)

(Foto: ran/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

10 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

11 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

12 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

12 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

13 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

13 jam ago