PASBANDUNG

Monumen Perjuangan Soekarno Bakal Dibangun di Kota Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Tanggal 6 Juni 2023 kemarin diperingati sebagai Hari Lahir Bung Karno atau Soekarno, Presiden Pertama RI. Hari lahir Bung Karno ini sekaligus dijadikan momentum untuk menggagas rencana pembangunan Monumen Perjuangan Soekarno di Kota Bandung.

Dalam acara diskusi bertema Peringatan Bulan Bung Karno di Gedung Indonesia Menggugat di Kota Bandung, Selasa (6/6/2023), dibahas berbagai hal terkait rencana pembangunan monumen Bung Karno. Mulai dari konsep, desain, lokasi, dampak sosial hingga nilai historisnya.

Sejarawan sekaligus jurnalis senior Yayat Hendayana mengungkap pentingnya keberadaan monumen perjuangan Soekarno di Kota Bandung. Menurut Yayat, rencana pembangunan monumen ini merupakan niat baik untuk memberikan penghormatan besar kepada sosok Soekarno.

“Kita harus memberikan jasa kepada seorang Bung Karno yang punya jasa luar biasa. Terutama di Bandung dan alangkah kurang bijak kalau masyarakat Bandung tidak memberikan penghargaan kepada seorang Bung Karno. Saya kira itu pertimbangannya,” kata Yayat.

Meski menurutnya monumen yang akan dibangun tidak sebanding dengan jasa-jasa seorang Bung Karno, Yayat yakin keberadaan monumen yang nantinya juga bakal dilengkapi dengan visualisasi akan memberikan manfaat bagi Bangsa Indonesia dan khususnya masyarakat Kota Bandung.

“Monumen mungkin belum sebanding dengan jasa besar seorang Bung Karno, tapi yang dapat dilakukan sekarang ini adalah membangun monumen plaza Bung Karno yang kemudian dilengkapi dengan berbagai komponen visualisasi, sehingga monumen ini menjadi destinasi wisata yang lengkap,” jelasnya. (uby)

Uby

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

12 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago