HEADLINE

Penutupan AIP 3.0 FEB Unpas Bahas Perencanaan Karir Mahasiswa

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan (FEB Unpas) menggelar Achievement Incubator Program 3.0 bagi mahasiswa pada Kamis (8/6/2023) di Aula Gedung Lama Kampus Unpas Jl. Tamansari 6-8, Kota Bandung.

Kegiatan AIP 3.0 mengusung tema “Memperkokoh Integritas dan Sinergitas Menuju FEB Unpas yang Unggul dan Berkelanjutan. Kegiatan AIP 3.0 dipertemuan minggu keempat ini juga sekaligus menjadi penutup AIP 3.0 pada tahun ke-3.

(Foto: ran/pasjabar)

Kegiatan ini untuk memotivasi mahasiswa dalam merancang rencana karir sesuai passion, bakat dan potensi diri serta pengenalan kelembagaan dan komunitas di lingkungan FEB Unpas.

“Tentunya sasaran yang ingin dicapai dengan program pemerintah bahwa lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis harus memiliki daya serap yang tinggi, mampu bersaing di pasar dan siap guna,” kata Dekan FEB Unpas Dr. Atang Hermawan, SE.Ak., MSIE.

Ia menyebut materi yang diberikan ada aspek akademik maupun non-akademik. Untuk akademik yaitu mahasiswa dituntut untuk mempunyai hardskill dan softskill.

“Sekarang itu baik dosen maupun mahasiswa harus memiliki hardskill yang tinggi dalam konteks persaingan yang cukup tinggi. Lalu yang kedua mahasiswa juga harus tumbuhkan softskill,” terangnya.

Wakil Dekan III FEB Unpas, Dikdik Kusdiana, S.E., M.T menuturkan kegiatan ini untuk memperdalam pengenalan kehidupan kampus untuk mahasiswa baru angkatan 2022 FEB Unpas.

“Materinya lebih ke pendalaman untuk mempermudah mahasiswa mendapatkan informasi bagaimana caranya untuk bisa berkuliah dan menyelesaikan kuliah dengan kemampuan softskill mereka. Sehingga materi-materinya pun disesuaikan seperti terkait etika dan integritas, pengenalan kegiatan kemahasiswaan dan komunitas mahasiswa yang di FEB Unpas,” ujar Dikdik.

Ketua Pelaksana AIP 3.0 Endra Herdiansyah S.E., M.Ak., SAS berharap dengan kegiatan ini bisa menjadi bekal mahasiswa angkatan 2022 untuk menjalani aktifitas saat menjalani perkuliahan hingga lulus nanti.

“Jadi mahasiswa lulus bukan hanya hardskill tapi juga dibekali dengan softskill. Mahasiswa tidak hanya belajar di kelas tetapi juga mampu melakukan kegiatan organisasi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sehingga pada saat mahasiswa tersebut lulus dan mampu beradaptasi di lingkungan masyarakat atau bahkan di dunia kerja,” ujarnya.

Perencanaan Karir Mahasiswa

(Foto: ran/pasjabar)

Pada penutupan kegiatan AIP 3.0, FEB Unpas menghadirkan Content Creator Iestri Kusumah Wardhani S.Psi, CBC. sebagai pembicara. Iestri menyampaikan mahasiswa harus menentukan perencanaan karir saat masih menjadi mahasiswa baru semester 2 dan 3 supaya tidak bingung untuk setelah lulus.

“Jadi mahasiswa semester 2 dan 3 itu menjadi ajang untuk mengikuti kegiatan non-akademis. Seperti tadi organisasi dan volunteer untuk menjadi salah satu eksplorasi untuk menentukan karir yang tepat ke depannya,” jelasnya.

Menurutnya motivasi yang paling kuat untuk membentuk akan menjadi apa ke depannya adalah muncul dari diri sendiri. Iestri menerangkan hal-hal untuk memilih karir sesuai passion yaitu yang pertama Self awarness (mengenal diri).

“Fokus kepada kelebihan diri jangan fokus kekurangan, tulis minimal 5 kekurangan dan kelebihan, dari yang simple-simple saja,” katanya,

Kemudian yang kedua Review pencapaian masa lalu. Ia mengatakan jangan fokus pada kegagalan dan harus mengetahui apa saja yang harus diperbaiki kegagalan di masa lalu. Ketiga, membuat career path yang terukur.

“Keempat Explore karir karena mumpung masih muda harus mencoba sana sini. Usia 20-30 masa-masa mencari jati diri. Kalau masih bingung coba diluar zona nyaman,” ucapnya.

Lalu Konsisten dan disiplin adalah kunci untuk bisa sukses di karir. “Terakhir Berelasi, jangan berteman di satu fakultas saja,” pungkasnya.

Penghargaan Peserta Terbaik

(Foto: ran/pasjabar)

Pada akhir kegiatan, FEB Unpas memberikan penghargaan atas peserta terbaik AIP 3.0.

  1. Farhan Dwi Fadilah mahasiswa jurusan Manajemen
  2. Salsha Tri Rizky mahasiswa jurusan Manajemen
  3. Difa Marsaa Aulia mahasiswa jurusan Manajemen
  4. Oddysseus Tristan Thio mahasiswa jurusan Manajemen
  5. Lisvi Nurasifa mahasiswa jurusan Manajemen
  6. Jemima Marsha mahasiswa jurusan Akuntansi
  7. Tiara Salsabila Putri Nugraha mahasiswa jurusan Akuntansi
  8. Rahma Maulani Padila mahasiswa jurusan Akuntansi
  9. Isti Andini mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan
  10. Irgi Musyafa Saputra mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan. (ran)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago