HEADLINE

Lanjutkan Citarum Harum Kodam III Siliwangi Kembali Gandeng Unpas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMelanjutkan kerjasama Citarum Harum, Kodam III Siliwangi kembali gandeng Universitas Pasundan (Unpas). Kerjasama dilaksanakan pada Kamis (13/7/2023) di Aula Unpas, Lantai 8 Jalan Tamansari, Bandung.

Kerjasama berkelanjutan tersebut menjadi bagian dari Kolaborasi – Inovasi dar BBWS, Kodam III Siliwangi dan Unpas.

Sementara penandatangan kerjasama dilakukan oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP, Rektor Unpas Prof. Dr. Ir.H. Eddy Jusuf Sp,M.Si., M.Kom,IPU, Kepala BBWS Ir.Bastari,M.Eng serta Dan Sektor 7 Citarum Harum Kolonel Nurjanah Suat, S Pd,M.Si.

(Foto : tie/Pasjabar)

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, mengatakan jika pelaksanaan Citarum Harum berkelanjutan sudah ada dalam tugas pokok , tinggal melaksanakan apa yang sudah ditugaskan.

“Setiap kebijakan dipusat pasti ada dinamika di lapangan dan feedback, makanya memang perlu adanya pentahelix kolaboratif. Dengan demikian akan terbentuk system dari hulu ke hilirnya, terus berputar tidak usah ada wacana lagi, jadi selesaikan saja, jangan lagi ini-itu harus begini-begitu, hadapi, selesaikan dan rumuskan kembali,” paparnya.

Menurutnya keterlibatan akademisi ini menjadi konten baru untuk Citarum Harum dan menjadi nilai yang luar biasa, karena menjadi bantuan lain dalam melaksanakan program Citarum Harum.

“Instruksi saya ke Dansektor – dansektor di Citarum ini justri harus berterimakasih ada tambahan bantuan banyak dari berbagai pihak untuk mencari solusi, yang tidak bisa selesaikan dalam waktu bersamaan, “ paparnya.

Selain itu, dengan adanya kertelibatan semua pihak maka akan membentuk satu rumusan dan kosep dan cara bertindak baru berdasarkan kolaboratif pentahelix.

“Kedepan kami sedang susun dalam bentuk SOP nya, sarananya mungkin tugas disetiap subsektornya kami sedang kerjakan dan siapkan sehingga pembagian tugasnya jelas,” katanya.

(Foto : tie/Pasjabar)

Sementara itu, Rektor Unpas Eddy Jusuf mengatakan jika Unpas sudah terlibat sejak Pilpres Citarum Harum digulirkan.

“Kami sudah terlibat mulai dari sektor 1 sampai sector 23, dan saya menggaris bawahi Panglima TNI jika saat ini kita laksanakan saja. Dalam istilah Sunda ada Namanya Prok, Prek Prak, sekarang ini prak-nya pelaksanaannya, kalau prok kan regulasinya sudah ada, prek-nya sosulisainya sudah ada dan sekarang masanya prak ini pelaksanaanya dan sudah kami lakukan juga,” tutur Eddy.

Ditambahkannya, saat ini yang lebih penting bagaimana menjaga Citarum tidak kembali menjadi sungai terkotor ketika selesai Tahun 2025 nanti.

“Sekarang bagai mana menjaga kesinambungan sampai nanti Tahun 2025, ini yang penting, jangan sampai Citarum yang pencemarannya sudah sangat menurun, tiba-tiba kotor lagi setelah Tahun 2025,” harapnya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Ir. Bastari, M.Eng. Dengan adanya pentahelix kembali menggaungkan kembali Citarum Harum untuk berlanjut hingga pasca Tahun 2025.

“Saat ini memang Citarum sudah cemar ringan dan itu harus kita tingkatkan. Kolaborasi sudah dilakukan salah satunya dalam pengolahan sampah yakni ada mesin sampah Motah yakni penanganan sampah sebelum masuh ke sungai diselesaikan di darat Kerjasama Kodam III Siliwangi dengan masyrakat. Kedepan nanti akan kami fungsikan kembali Oxsbow bukan hanya untuk penampungan air namun juga memiliki nilai ekonomi,” tutur Bastari. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago