PASBANDUNG

Dua Domba Garut Milik Peternak di Kota Bandung Raih Penghargaan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Salah seorang peternak Domba Garut di Kota Bandung, Vandri Dwiutama, mendapatkan hasil memuaskan. Ia mengurus Domba seperti anak sendiri.

Alhamdulilah, pada turnamen Domba Garut Beberapa waktu lalu, dua ekor Domba saya menjadi pemenang dari dua kategori,” ujar Vandri.

Dalam acara Kontes Ternak dan Expo Pangan 2023, dua ekor domba milik Vandri mendapat penghargaan. Penghargaan pertama Kategori kontes Domba Garut kategori petet jantan. Domba yang memenangkan kontes ini, namanya Rajawali.

“Untuk kategori petet jantan, salah satu penilaiannya dari jumlah gigi yang tanggal maksimal dua pasang, dengan usia 16-20 bulan,” Papar Vandri.

Sedangkan kategori ke dua Kontes ternak Domba Garut kategori raja calon pejantan, domba ini diberi nama Lion King.

Sementara untuk berat badan, Vandra mengatakan, tidak menjadi penilaian. Karena yang menjadi penilaian adalah keselarasan secara keseluruhan.

“Keselarasan, di ataranya bentuk tandung yang simetris, dan wajah yang ‘ganteng’,” terang Vandri.

Asupan Makanan Domba

Untuk asupan makanan, lanjut Vandri, tidak jauh berbeda dengan hewan lainnya. Seperti rumput, pepaya, wortel, beberapa jenis vitamin bahkan yang diinjeksi. Bahkan untuk pepaya diberikan yang jenis california, namun yang kualitas biasa.

“Pokonya kami mencoba memberikan yang terbaik. Bahkan, mereka diperlakukan seperti anak sendiri,” terangnya.

Setelah menang dari kontes ini, Vandri mengatakan, sudah ada yang menawar Rajawali seharga Rp150 juta. Namun, Vandri belum berniat menjualnya, karena menunggu hingga ada yang bersedia membeli Rp300 juta.

“Karena untuk mengurus dan memberi makan saja, kan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih kan Rajawali ini merupakan pejantan unggulan. Sehingga wajar jika harganya sangat tinggi,” terangnya.

Gelar juara ini, merupakan yang pertama setelah 10 tahun terakhir Kota Bandung tidak mendapat gelar juara.

“Kontes ini juga baru kembali digelar setelah kurang lebih tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19,” tambahnya.

Ke depan, Vandri tengah mempersiapkan dombanya untuk mengikuti ajang kontes piala presiden. Untuk itu, Vandri tengah mempersiapkan 80 ekor dombanya, termasuk Rajawali.

“Jika sudah menang di kontes piala presiden, harganya juga pasti naik lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Wilsandi Saepuloh mengatakan, Vandri ini memang salah satu peternak binaan DKPP.

“Di Kota Bandung ini ada sekitar 150 peternak Domba Garut, dan semuanya merupakan binaan kami,” terangnya.

Para peternak ini, mendapat Layanan Manajemen Kesehatan Hewan Terintegrasi (Laman Hati) dari DKPP.

” Dengan program ini, kami bisa memantau dan mensosialisasikan menegnai manajemen memberi makan, imunisasi, dan manajemen pemeliharaan,” terangnya.

Sehingga, lanjut Willi, peternak akan lebih terpantau bagaimana hasil ternaknya. Termasuk jika ada kontes serupa yang digelar oleh pemerintah, Willi mengatakan akan ada sosialsiasi dan pembinaan untuk peternak. (put)

Putri

Recent Posts

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

13 menit ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

42 menit ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

1 jam ago

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

2 jam ago

Mahasiswa Unpas Keisya Hasna Auliya Raih Perak di Peparnas XVII Solo 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Keisya Hasna Auliya, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)…

3 jam ago

Penurunan Harga Pangan, Cabai Rawit Merah Turun 2,16 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melaporkan penurunan harga mayoritas komoditas pangan pada Jumat…

4 jam ago