PASJABAR

DPRD Kota Bekasi Minta Daerah Naikan UMKM Jadi IKM

ADVERTISEMENT

BEKASI, WWW.PASJABAR.COMTingkatkan perekonomian, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi meminta pemerintah daerah mengoptimalkan potensi usaha mikro kecil menengah (UMKM) naik kelas menjadi industri kecil menengah (IKM)

“Peningkatan potensi ini harus dilakukan demi pertumbuhan ekonomi lebih baik lagi,” ujar Anggota Komisi III DPRD Kota Bekasi, Komarudin, dalam siaran persnya, Jumat(4/8/2023).

Komarudin mengatakan, Harus ada akselerasi antara Dinas Koperasi dan UMKM dan Koperasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Komar mengatakan, Dinas UMKM dan Koperasi harus lebih maksimal lagi dalam membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya. Artinya, tidak hanya memfasilitasi modal melalui koperasi, maupun menyediakan tempat usaha yang rata-rata sebagai pedagang kaki lima (PKL).

“Program pelatihannya bagus, permodalan bagus, sehingga dalam waktu tertentu, UMKM bisa mengupgrade menjadi pelaku IKM,” kata Komar.

Dalam rapat bersama dengan Dinas UMKM dan Koperasi, Komar menyampaikan cara pandang paling prinsip terhadap pelaku UMKM di Kota Bekasi. Menurut dia, memandang UMKM tidak hanya melihat pada persoalan relokasi.

Selama ini, kata dia, melihat UMKM hanya pada sudut pandang persoalan, alat atau hanya sebagian terkecil dari pertumbuhan ekonomi atau kelompok yang stagnan.

“UMKM itu harus menjadi potensi pertumbuhan ekonomi, potensi ekonomi kecil beranjak ke industri kecil menengah dan pada akhirnya nanti Kota Bekasi mampu melahirkan para pengusaha-pengusaha yang upgrade dari UMKM ke IKM sampai ke industri besar,” kata Komar.

Karena itu, setiap ada relokasi PKL, pemerintah harus melihat potensi. Misalnya, tempat yang diberikan tidak jauh dari keramaian, akses yang mudah, sehingga ke depan bisa menjadi tempat tujuan pariwisata, tentunya pelaku UMKM bisa berkembang dan naik kelas.

Dengan berkembangnya UMKM yang bisa naik kelas ini secara otomatis akan meningkatkan pertumbungan ekonomi, karena bertambahnya lapangan pekerjaan, sehingga meningkatkan daya beli masyarakat.

“Di sini Dinas Perindustrian dan Perdagangan harus menyambut para pelaku UMKM yang akan naik kelas menjadi IKM dan seterusnya,” kata Komar. (adv/put)

Putri

Recent Posts

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

52 menit ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

58 menit ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

2 jam ago

Jawa Timur Tambah Emas PON XXI Aceh – Sumut 2024, Setelah Kalahkan Jawa Barat di Cabor Sepak Bola

WWW.PASJABAR.COM -- Kontingen Jawa Barat bertemu kontingen Jawa Timur di final cabor sepak bola PON…

6 jam ago

Dies Natalis FH Unpad, IKANO Undang AHY Kuliah Umum

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad), Ikatan Keluarga…

8 jam ago

Fakultas Teknik Unpas Terima Penghargaan Pembinaan IKM dari Kab Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT Unpas) menerima penghargaan sebagai Stakholder Award bagi…

9 jam ago