HEADLINE

Sidang Doktor Adang Ardali Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Surey SMK Swasta di Ciayumajakuning

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProgram Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Adang Ardali yang dilaksanakan di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung, Senin (21/8/2023).

Sidang disertasi Adang Ardali diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU, dengan penguji yakni Prof.Dr.Ir.H.M, Didi Turmudzi M.Si. Prof.Dr.H.M.Sidik Priadana,MS, Dr.Atty Tri Juniarti,SE.,M.Si, Prof.Dr.H.Azhar Affadi,SE.,M.Sc dan Promotor Prof.Dr.Ir.H. Iman Sudirman, DEA, Prof.Dr. Ir .H. Sutarman, M.Sc sebagai co promotor.

(Foto : tie/pasjabar)

Disertasi Adang berjudul Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru serta Implikasinya Terhadap Mutu Lulusan SMK dan Kemitraan dengan Dunia Kerja sebagai Variabel Moderating (Survey pada SMK swasta se wilayah Ciayumajakuning).

“Penelitian ini dilaksanakan atas dasar adanya fenomena yang ada dimana kinerja guru belum optimal, sehingga mutu lulusan SMK swasta di wilayah Ciayumajakuning pada saat ini masih rendah,” papar Adang.

(foto :tie/Pasjabar)

Dijelaskannya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan iklim organisasi terhadap kinerja guru serta implikasinya terhadap mutu lulusan SMK dan kemitraan dengan dunia kerja pada SMK swasta di wilayah Ciayumajakuning.

Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling yang digunakan ialah proportionate stratified sampling dengan sampel sebanyak 380 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur.

(Foto : tie/pasjabar)

“Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan faktor kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan iklim organisasi secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru. Secara parsial iklim organisasi memiliki pengaruh paling dominan dibanding yang lainnya. dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap mutu lulusan SMK, serta kemitraan SMK dengan dunia kerja memperkuat pengaruh kinerja guru terhadap mutu lulusan,” tuturnya.

(Foto : tie/pasjabar)

Sementara itu, ia berharap Universitas Pasundan (Unpas) bisa membuka prodi -prodi baru yang lebih menjenjang dengan Pendidikan SMK sehingga siswa SMK bisa meneruskan ke jenjang pendidkan yang lebih tinggi lagi.

Sedangkan hasil sidang disirtasi, Adang memperoleh nilai Yudisium sangat memuaskan dengan IPK sebelum sidang yakni 3,60 dan IPK akhir setelah sidang yakni 3,62. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago