PASJABAR

DPC PATELKI Kota Bandung Gandeng Pelaku Pariwisata Gelar “Donor Darah untuk Kemanusiaan”

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM–Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (DPC PATELKI) Kota Bandung Berkolaborasi dengan Pelaku Pariwisata Bandung Raya menggelar “Donor Darah untuk Kemanusiaan’, Rabu (30/8/2023) di PMI Kota Bandung, Jln Aceh No 79 Kota Bandung.

Ketua DPC PATELKI Kota Bandung Johan Suhari mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78, di samping sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

DPC PATELKI Kota Bandung Gandeng Pelaku Pariwisata Gelar “Donor Darah untuk Kemanusiaan” (tiwi/pasjabar)

“PMI Kota Bandung saat ini mengcover 36 rumah sakit di Bandung Raya, dengan kebutuhan perhari hingga 500 kantong darah, sehingga donor darah menjadi hal yang penting sekali untuk dilakukan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini sambung Johan ada sekitar 156 peserta yang menyumbangkan darahnya.

“Lewat kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan kepedulian anak muda, karena banyak sekali orang yang membutuhkan darah mulai dari pasien Thalassemia, cuci darah, demam berdarah, ibu melahirkan dan lainnya,” tuturnya.

DPC PATELKI Kota Bandung Gandeng Pelaku Pariwisata Gelar “Donor Darah untuk Kemanusiaan” (tiwi/pasjabar)

Johan melanjutkan bahwa sebelumnya PATELKI juga telah menggelar berbagai kegiatan bakti sosial, salah satunya pemeriksaan kanker serviks gratis di Puskesmas Ujungberung.

“Mudah-mudahan semakin banyak masyarakat yang terdorong mendonorkan darahnya, manfaatnya bukan hanya untuk sesama tapi juga kesehatan diri kita sendiri, atau bahkan di masa depan barangkali kita yang membutuhkan donor darah dari orang lain,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Perkumpulan Tour Leader Bandung (PTLB) Mohammad Badruddin menyampaikan bahwa Pelaku Pariwisata Bandung Raya yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari 9 asosiasi, di mana saat ini adalah kali pertama kolaborasi dengan DPC PATELKI Kota Bandung.

“Ini adalah kolaborasi pertama dengan PATELKI, kami juga bersyukur bahwa didukung oleh kolega pariwisata seperti setra oleh-oleh dari Bandung yang memberikan voucher makan gratis maupun dalam bentuk barang seperti kaos, merchandise dan lainnya,” ujarnya.

DPC PATELKI Kota Bandung Gandeng Pelaku Pariwisata Gelar “Donor Darah untuk Kemanusiaan” (tiwi/pasjabar)

Badru mengatakan bahwa dengan kolaborasi ini jumlah pendonor juga meningkat.

“Kami secara berkala mengadakan acara donor darah, biasanya maksimal di 60 peserta, untuk sekarang berkat kolaborasi jumlah pesertanya menyentuh angka 150 lebih,” ulasnya.

Ia menambahkan bahwa sebagai pelaku pariwisata, donor darah sangat baik dilakukan untuk menunjang kesehatan mereka di lapangan.

“Harapannya dengan kegiatan ini, jalinan silaturahmi akan terbangun, terus berkolaborasi melakukan kegiatan kemanusiaan,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Main Perdana Timnas U-20 Langsung Puncaki Klasemen Libas Maladewa 4-0

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Main perdana Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Timnas Indonesia U-20…

47 menit ago

Hari Pertama Kampanye, Ronald Surapradja Sapa Warga Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Ronald Surapradja, memulai masa…

4 jam ago

Mensos Tinjau Penyaluran Bantuan Korban Gempa Bandung Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial Saifullah Yusuf melakukan kunjungan kerja ke posko utama penanganan gempa…

5 jam ago

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

6 jam ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

6 jam ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

7 jam ago