PASPENDIDIKAN

Disertasi Bangkit Nuratri, Bahas Optimalisasi Fungsi Ajudan Jenderal AD

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) program Doktor Ilmu Manajemen menggelar sidang promosi Bangkit Nuratri di Aula Pascasarjana Unpas Lantai VI, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung, Senin (4/9/2023).

Sidang diketuai oleh Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU., serta penguji Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi,M.SI, dengan promotor Prof.Dr.Hj. Umi Narimawati, SE.,M.Si, sedangkan penguji yakni Prof.H.M. Didi Turmudzi M.Si, Prof. Dr. Azhar Affandi, SE., M.Sc, Prof. Dr.H.M, Sidik Priadan,MS, Prof.Dr. Ir, H. Iman Sudirman,DEA.

Sidang promosi Bangkit Nuratri. (Foto : tie/pasjabar)

Disertasi Bangkit berjudul Strategi Peningkatan Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil Dalam Rangka Optimalisasi Fungsi Ajudan Jenderal Angkatan Darat Bandung membahas tentang bagaimana meningkatkan kinerja dan optimalisasi Pegawai Negeri Sipil di Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat Bandung.

“Pegawai Negeri Sipil secara umum sudah banyak dilakukan, akan tetapi penelitian tentang Pegawai Negeri Sipil di Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat Bandung masih sedikit dilakukan, sehingga layak untuk di teliti,” papar Bangkit saat pemaparan sidang doktor.

Ia menyebutkan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan menerapkan strategi-strategi yang tepat dalam meningkatkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dalam rangka optimalisasi fungsi Ajudan Jenderal di Direktorat Ajudan Jendral Angkatan Darat Bandung.

sidang promosi Bangkit Nuratri . (Foto : tie/pasjabar)

Dari hasil penelitian, Bangkit menyebutkan dengan menggunakan analisis SWOT ternyata peningkatan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dalam rangka optimalisasi fungsi Ajudan Jenderal Angkatan Darat memerlukan beberapa strategi dan solusi yang tepat, efektif dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi.

“Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik snowbali sampling. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus tunggal (Single Case Study). Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dan memusatkan pada suatu unit tertentu,” jelasnya.

sidang promosi Bangkit Nuratri. (Foto : tie/Pasjabar)

Pengumpulan data dilakukan dengan cara bervariasi antara lain wawancara umum, wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Peneliti kemudian melakukan analisis dari interpretasi. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis, yang terkait dengan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dan dampaknya terhadap optimalisasi fungsi Ajudan Jenderal Angkatan Darat.

Hasil sidang doktor memutuskan Bangkit Nuratri yang merupakan mahasiswa Manajemen Doktor konsentrasi Sumber Daya Manusia IPK sebelum sidang 3.58, berdasarkan hasil sidang disertasi Bangkit dinyatakan lulus dengan IPK 3.59, dengan yudisium sangat memuaskan.

sidang promosi Bangkit Nuratri . (Foto : tie/pasjabar)

Bangkit menilai jika selama berkuliah di Pascasarjana Unpas cukup menyenangkan terutama dalam melaksanakan perkuliahan. “Jadi jangan takut kuliah di Universitas Pasundan meskipun usia tidak lagi muda. Namun harus tetap semangat  dalam kuliah,” katanya. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago