PASBANDUNG

Kereta Rel Listrik Segera Dibangun di Padalarang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencananya bakal membangun jaringan listrik di kawasan Padalarang sampai Bandung. Hal itu untuk jalur untuk operasional Kereta Rel Listrik (KRL).

“Untuk commuter, mudah-mudahan kita segera mendapatkan dukungan pemerintah yang kabarnya antara Bandung Padalarang akan dibangun jaringan listrik KRL,” ujar Direktur Utama (Dirut) KAI Commuter, Asdo Artriviyanto saat ditemui di Stasiun Padalarang, Minggu (3/9/2023).

Asdo mengatakan keberadaan jalur commuter line di Bandung Raya, khususnya dari Padalarang ke Bandung sebagai sarana penunjang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

“Nah untuk di Jabar (Padalarang-Bandung) ini pembangunannya juga salah satunya untuk mendukung keberadaan kereta cepat. Di sebelah Stasiun Padalarang ini kan segera selesai pembangunan Stasiun KCJB,” kata Asdo.

Pembangunan Kereta Rel Listrik Menjadi Kewenangan Kemenhub

Dalam rencana tersebut, KAI Commuter berperan sebagai operatornya. Sementara pembangunan jaringan listrik itu sepenuhnya menjadi kewenangan dari Kemenhub.

“Mudah-mudahan segera mendapatkan kepastian dari Kemenhub agar bisa direalisasikan. Jadi nanti bisa dioperasikan, dan kita (KAI Commuter) sebagai operator,” ujar Asdo.

Asdo mengatakan saat ini jaringan listrik untuk kereta rel listrik di luar Jakarta baru ada di wilayah Yogyakarta serta Solo. Harapannya semua daerah di Jawa juga bisa menyediakan jaringan listrik yang sama.

“Mudah-mudahan di seluruh daerah ada jaringan kereta listrik seperti di luar jakarta. Untuk sekarang itu yang sudah ada di Yogyakarta dan Solo,” kata Asdo.

Asdo mengatakan saat ini KAI Commuter tak cuma mengoperasikan KRL di wilayah Jakarta, namun juga mengoperasikan Kereta Api (KA) Lokal di seluruh wilayah Jawa.

“Jadi KAI Commuter ini sekarang tidak cuma mengoperasikan KRL, tapi juga mengoperasikan KA Lokal di Daop 2 Bandung dari Purwakarta sampai Garut di. Kemudian wilayah DAOP 6 itu ada dari Jogja, Solo, sampai Kutoarjo. Di Jatim dikelola juga oleh kita,” ucap Asdo.

Sebagai bagian dari penataan stasiun, pihaknya juga melaksanakan penanaman pohon. Salah satunya di Stasiun Padalarang yang saat ini sudah selesai ditata.

“Kita juga menanam 1.015 pohon untuk penataan dan penghijauan. Jadi programnya green commuter bertepatan dengan HUT KAI Commuter ke-15,” kata Asdo. (uby)

Uby

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

11 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago