HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Manajemen Finny Redjeki Kaji Pengaruh Karakteristik Pelanggan, Reputasi Bank dan Pengelolaan Hubungan Pelanggan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Finny Redjeki pada Senin (4/9/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Manajemen ini berjudul Pengaruh Karakteristik Pelanggan, Reputasi Bank dan Pengelolaan Hubungan Pelanggan Terhadap Kreasi Nilai Pelanggan Serta Implikasinya pada Kepercayaan Pelanggan. (Survey pada Nasabah PT Bank Sulserbar di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat).

(Foto: ran/pasjabar)

Finny mengatakan latar belakang penelitian ini didasarkan adanya fenomena kurangnya rasio penyaluran kredit produktif dibandingkan dengan kredit konsumtif. Serta kurangnya rasio penyaluran kredit UMKM dari total kredit yang disalurkan, yang keduanya belum memenuhi PBI dan POJK, sebagai akibat melekatnya image bank captive market ASN pada Bank.

Sehingga menurutnya para pengusaha di luar ASN merasa ragu untuk mengajukan kredit produktif (UMKM/Non-UMKM) kepada bank, namun melihat potensi peluang pasar kredit usaha produktif di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat sangat besar.

“Terlebih status bank telah menjadi bank devisa sejak tahun 2019 dan kekuatan lain yang dimiliki adalah pihak pemilik Bank adalah Pemerintah Daerah Provinsi/Kota/Kabupaten Sulawesi Selatan dan Pemerintah Daerah Provinsi/Kota/Kabupaten Sulawesi Barat,” katanya.

Finny menyebut hal itu dapat menjadi kekuatan bagi bank untuk dapat mengoptimalkan fungsi nya sebagai financial intermediary institution, dengan menyelaraskan antara program-program pengembangan ekonomi pemerintah daerah dengan aktivitas bank serta adanya sinergi bisnis antara stakeholder dengan pihak manajemen bank diharapkan dapat mendongkrak peningkatan penyaluran kredit kepada usaha produktif.

Finny menjelaskan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari Karakteristik Pelanggan, Reputasi Bank, CRM terhadap Kreasi Nilai Pelanggan sebesar 76,98 persen dan pengaruh secara partial dari Kreasi Nilai Pelanggan terhadap Kepercayaan sebesar 79,71 persen.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Finny Redjeki sebelum sidang terbuka adalah 3.70. Berdasarkan hasil sidang terbuka, Finny dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.72 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Finny Redjeki Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Finny merasa senang dan bangga bisa berkuliah di Pascasarjana Unpas karena dosen-dosennya ramah. “Kalau kita bertanya direspon begitu cepat. Apalagi saya jauh dari Makassar,” katanya.

Ia berharap Pascasarjana Unpas terua maju dan semakin banyak yang mendaftar ke Pascasarjana Unpas karena memiliki kualitas yang baik. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

4 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

5 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

7 jam ago