PASKESEHATAN

Sampah Plastik Berbahaya, Mulailah untuk Memilah Sampah dengan Benar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Selain handphone yang selalu kita pegang dan susah untuk dilepas, ada juga barang yang setiap hari kita pakai dan kita gunakan untuk membungkus makanan atau benda-benda lainnya yang ada di sekitar kita.

Barang tersebut ialah plastik, benda ringan dan praktis membuat semua orang menyukainya karena mudah untuk di dapatkan. Gara-gara ulah kita juga sampah plastik terus menerus berserakan dimana-mana. Bahkan sampai membuat sungai tercemar.

Terlalu sering menggunakan plastik itu sangat berbahaya bagi hewan-hewan liar karena tercemarnya lingkungan sekitar. Bahkan kita semua juga ikut terkena imbas dengan apa yang sudah kita lakukan, karena nyatanya sampah plastik yang dibuang ke dalam sungai dan mengecil atau biasa di sebut dengan Microplastic akan di makan oleh ikan-ikan yang ada di laut atau sungai.

Nantinya masuk lagi kedalam perut kita sendiri dan akan berpotensi menimbulkan penyakit. Sampah plastik memang menjadi masalah besar di dunia. Faktanya ternyata Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Tetapi jika kita masih memikirkan solusi membuang sampah pada tempatnya, mungkin itu semua sudah tidak efektif lagi.

Sebaiknya kita mulai untuk mengurangi penggunaan plastik atau memilih menggunakan plastik yang dapat digunakan kembali atau di daur ulang. Seperti membawa tempat makan dan minum sendiri. Jika sedang berbelanja sebaiknya membawa tas belanja sendiri yang berbahan katun dan dapat digunakan kembali.

Jika kalian berada disituasi sedang menggunakan plastik, sebaiknya sampah plastik tersebut jangan dibuang begitu saja. Bisa saja plastik tersebut bisa digunakan kembali, tetapi seiring berjalannya waktu semua barang yang kita gunakan pasti ada masa akhir pemakaiannya dan ujung-ujungnya kita buang juga. Kita juga sebagai manusia harus pintar dan harus tau cara membuang sampah yang baik dan benar.

Tiga Jenis Sampah

Dilansir dari akun YouTube @Kok Bisa? Ada 3 jenis sampah di sekitar kita, yaitu sampah Organik, Anorganik, dan Sampah B3.

Ingat jika sampah plastik buang ke tempat yang bertulisan Organik atau yang berwarna kuning. Sedangkan sampah bekas makanan buang pada tempat yang bertulisan Anorganik atau yang berwarna hijau. Untuk sampah berbahan racun seperti baterai, bohlam, tinta komputer dan lain sebagai sebaiknya di buang ke tempat yang bertulisan B3 atau yang berwarna merah.

Jadi dapat di simpulkan jika kita terlalu sering menggunakan sampah plastik itu tidak baik bagi lingkungan sekitar, oleh karena itu mulailah untuk memilah dan memilih sampah kita yang nantinya dapat dikumpulkan menuju bank sampah dan nantinya dapat di olah dengan baik. (job5)

Sumber: https://youtu.be/pnuiEGuThsI?si=nk5jsxYxQPQhIXay

Nurrani Rusmana

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

29 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

59 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago