PASKESEHATAN

Bahaya Makanan Instan Bagi Kesehatan Ginjal

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ginjal merupakan organ yang penting bagi tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring limbah dan menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit. Kita sebagai manusia harus bisa menjaga kesehatan ginjal dengan makan makanan sehat dan mengurangi makanan yang tidak sehat.

Kita juga harus mengetahui jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi setiap saat dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari akun YouTube @Dokter24 ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa merusak kesehatan ginjal jika kita semua terus menerus mengkonsumsi makanan tersebut. Makan tersebut diantaranya:

1. Makanan Kalengan seperti sup, sayuran, dan kacang-kacangan yang biasa lebih praktis untuk dikonsumsi, dibalik kepraktisan dari makanan kaleg ini mengandung Natrium atau Garam yang sangat tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat ginjal bekerja lebih keras dan lambat laut dapat rusak fungsinya.

2. Daging Olahan seperti sosis, kornet, daging asap, dan nuget jika terlalu sering mengkonsumsi makan tersebut dapat menyebabkan penyakit Kronis karena kandungan bahan pengawet yang sangat tinggi.

Terdapatnya tambahan garam dan pengawet memang bisa membuat makanan dapat mempertahankan cita rasanya, tetapi kedua bahan tersebut justru dapat memperberat fungsi kerja ginjal dan bisa merusak ginjal sedikit demi sedikit.

3. Makanan Kemasan atau makanan instan yang dapat juga merusak kesehatan ginjal seperti mie instan, bubur instan, sereal, spaghetti, kentang yang beku dan lain sebagai, karena proses pembuatannya yang cukup panjang membuat makanan tersebut tidak baik jika terus menerus di konsumsi oleh kita semua.

Selain itu, makanan instan ini cenderung memiliki kadar garam yang cukup tinggi yang dapat merusak ginjal. Makanan instan selain minim gizi juga tidak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan ginjal.

Mulailah untuk bisa menyeimbangkan pola makan dan gizi setiap hari, dengan kebiasaan ini kita semua dapat menjaga kesehatan ginjal dan mencegah masalah yang dapat merusak kesehatan kita. (job5)

Sumber: https://youtu.be/Qt5S-L3Lmfg?si=rAezyiABnLvdbTBe

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

4 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

5 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

7 jam ago