PASKESEHATAN

Tidur Berlebihan Bisa Berdampak Buruk, Begini Penjelasannya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Tidur merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan mental dan fisik serta memiliki manfaat yang baik. Namun tidur secara berlebihan bukanlah cara untuk meningkatkan manfaat baik tersebut.

Dilansir dari akun YouTube @Halosehat yang dijelaskan oleh dr. Nabila Islamiyati bahwa setiap orang memiliki jam tidur yang berbeda dan tidur berlebihan secara terus-menerus akan merusak kondisi kesehatan kita.

“Waktu tidur setiap orang berbeda-beda, hal tersebut tergantung dari tingkatan usia hingga tingkatan aktifitas. Sesekali tidak bermasalah bagi Kesehatan, namun jika Anda secara konsisten tidur secara berlebihan setiap hari maka bisa jadi hal ini akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh,” jelasnya.

Kondisi tidur secara berlebihan disebut dengan Hipersomnia, dimana orang tersebut akan tidur berkali-kali sepanjang hari seperti tidur setelah melakukan suatu aktifitas pada siang hari.

Biasanya orang Hipersomnia tidak akan merasa kesegaran pada tubuhnya selepas tidur kemudian gejala lain Hipersomnia ialah merasa cemas, gelisah, kehilangan nafsu makan, dan mengalami masalah memori.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya Hipersomnia antara lain yaitu disfungsi sistem saraf otonom, penyalahgunaan narkoba, konsumsi alkohol hingga mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Akan tetapi kondisi kelebihan waktu tidur ini bisa saja berhubungan dengan beberapa penyakit seperti jantung, masalah teloid, sleep apnea, dan depresi.

Hal tersebut juga akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Yakni energi yang berkurang, sakit kepala, kegemukan, diabetes, dan sakit punggung.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab tidur secara berlebihan masih bisa Anda atasi dengan memperbaiki dengan tidur lebih ideal dan sehat. (job1)

Sumber: https://youtu.be/9cUIzGh47WM?si=TfzUoPSbbP2sWLki

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

15 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago