PASKESEHATAN

Atasi Stres dengan Teknik Pernapasan Box Breathing

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Box breathing adalah teknik yang diduga mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh yang berdampak positif bagi kesehatan mental dan fisik. Teknik ini cocok dilakukan saat merasa stres atau cemas.

Dilansir dari ALODOKTER pada Sabtu (30/9/2023), manfaat terbesar box breathing adalah efek relaksasi yang dihasilkan yaitu mampu menenangkan sistem saraf dan tubuh pun menjadi lebih rileks. Ada pula manfaat lain dari box breathing, yaitu:

Mengatasi stres

Ketika merasa stres, tubuh akan mengaktifkan sistem saraf simpatik yang berhubungan dengan gejala stres, seperti pernapasan dan detak jantung lebih cepat, tekanan darah meningkat, serta otot-otot tubuh menegang.

Sebaliknya, teknik box breathing mampu mengaktifkan sistem parasimpatik yang memicu respons relaksasi pada tubuh dan menurunkan kadar hormone kortisol yang erat kaitannya dengan stres. Dengan begitu, gejala stres bisa mereda.

Meningkatkan fokus

Sulit fokus bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, kurang tidur, atau masalah pada kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melatih pernapasan dengan box breathing agar pikiran lebih tenang. Saat pikiran tenang, kamu akan lebih mudah fokus dan konsentrasi.

Mengatasi gangguan tidur

Sulit tidur bisa dipicu oleh berbagai hal, termasuk stres dan memikirkan hal secara berlebihan hingga mengganggu ketenangan pikiran. Jika dibiarkan, hal ini bisa berujung pada gangguan tidur, seperti insomnia.

Jika kamu mengalami gangguan tidur, melatih pernapasan dengan teknik box breathing dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan produksi hormone melatonin yang membantu kamu tertidur.

Langkah-Langkah Melakukan Box Breathing

Box breathing dapat dilakukan dengan cara menghirup, menahan, dan mengembuskan napas dengan durasi yang sama selama 4 detik. Teknik box breathing sangat mudah dipelajari dan bisa kamu lakukan melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Tarik napas secara perlahan melalui hidung selama 4 detik.
  • Tahan napas selama 4 detik.
  • Keluarkan napas secara perlahan melalui mulut atau hidung selama 4 detik.
  • Tahan napas selama 4 detik tanpa menghirup napas
  • Ulangi langkah di atas sebanyak yang kamu butuhkan

Meski box breathing diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, teknik box breathing tetap tidak bisa menggantikan pengobatan medis atau terapi yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan profesional, ya.

Nurrani Rusmana

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

29 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

59 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago