PASBANDUNG

Baznas Goes To School, Edukasi Siswa Kota Bandung Soal Zakat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Baznas Goes To School digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung di SMP Negeri 17 Kota Bandung pada Jumat (29/9/2023).

Dilansir dari bandung.go.id, acara ini merupakan salah satu upaya edukasi berzakat kepada remaja, khususnya usia sekolah menengah.

Kepada Humas Kota Bandung, Wakil Ketua 1 Baznas Kota Bandung, Arif Nurrakhman menyebut, Baznas Goes To School merupakan kegiatan yang pertama kali digelar pada 2023.

Ia berharap, kegiatan ini dapat membangun pemahaman agar anak-anak dapat merasakan manfaat berzakat.

“Agar anak-anak merasakan, berzakat dapat memberi kebahagiaan bagi mereka, serta membangun kebiasaan berzakat sejak dini,” kata Arif.

Selanjutnya, Arif menyebut, edukasi zakat kepada siswa ini antara lain membangun kesadaran bahwasannya zakat bukan sekadar menyisihkan 2,5 persen dari penghasilan bagi saudara-saudara yang membutuhkan.

Tetapi juga saling berbagi kebahagiaan, serta dengan menumbuhkan empati dari sesama manusia kepada saudara-saudaranya yang membutuhkan.

“Zakat dapat memberi kebahagiaan dan melipatgandakan rezeki. Hal ini yang perlu dipahami anak-anak sejak usia remaja,” kata Arif.

Edukasi zakat dalam kegiatan ini antara lain dilakukan dengan pendekatan pertunjukkan seni. Salah satunya lewat penampilan dongeng dari Kak Yeni dan Nenglis.

“Di setiap sekolah, akan ada penampilan yang berbeda. Kalau di SMPN 17, mungkin kita menampilkan dongeng, tetapi di titik lain, akan ada penampilan membaca puisi,” kata Arif.

Selain itu, Arif juga mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi Baznas Kota Bandung dengan sekolah penyelenggara. Nantinya, akan ada titik-titik berikutnya yang akan menjadi kolaborator Baznas Goes To School.

Menurutnya, Baznas Kota Bandung mendorong tiap sekolah memiliki Duta Zakat. Nantinya, Duta Zakat ini akan menjadi pemberi pengaruh bagi teman sebayanya untuk menerapkan semangat berbagi pada sesama.

Ia juga mengajak warga Kota Bandung untuk sama-sama menumbuhkan kebiasaan berbagi kepada anak.

“Mari sama-sama laksanakan ibadah zakat dengan membangun implementasi agar zakat dapat membangun kebahagiaan dan meningkatkan rezeki,” ajak Arif. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

55 menit ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago