HEADLINE

BKS-TM Indonesia Siapkan Ini dalam Hadapi Tantangan di Era Disrupsi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sekretaris Jenderal BKS-TM Indonesia Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, ST., MT., M.Eng. mengatakan dalam menghadapi tantangan di era disrupsi, pihaknya harus mempersiapkan Prodi Teknik Mesin se-Indonesia untuk memiliki kurikulum yang sesuai zaman.

“Selain itu kita juga harus mengantisipasi perubahan dinamika yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Terutama setelah keluarnya Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023,” katanya saat ditemui dalam kegiatan Musyawarah Anggota Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia digelar di Hotel Aryaduta, Kota Bandung pada Rabu (4/10/2023).

Ario menyampaikan dengan antisipasi tersebut diharapkan mahasiswa Teknik Mesin se-Indonesia bisa sesuai dengan keinginan kurikulum dan stakeholder yang ada di nasional maupun internasional.

“Diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan basic Teknik Mesin, kemampuan dalam memecahkan masalah di bidang Teknik Mesin dan memiliki kemampuan inovasi dan bisa bekerja secara tim untuk memecahkan masalah-masalah tersebut,” ujarnya.

Guru Besar Teknik Mesin FT Universitas Indonesia ini menambahkan para dosennya pun perlu ditingkatkan kualitas dan kemampuannya. Yakni dengan peningkatan kemampuan pendidikan serta penelitian.

“Banyak tahun ini guru besar yang lahir dan dihasilkan dari anggota BKS-TM Indonesia,” ucapnya.

Diketahui Musyawarah Anggota BKS-TM Indonesia digelar di Hotel Aryaduta, Kota Bandung pada Rabu (4/10/2023). Universitas Pasundan (Unpas) menjadi tuan rumah dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Kepala Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Dr. Ir. Doddy Rahadi, M.T, Direktur PT. Dirgantara Indonesia sekaligus Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia Marsda TNI Prof. Dr. Ir. Gita Amperiawan, SE.,M.Si. dan Sekretaris Jenderal BKS-TM Guru Besar Teknik Mesin FT Universitas Indonesia Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, ST., MT., M.Eng. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

4 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

5 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

6 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

6 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

7 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

7 jam ago