PASOLAHRAGA

3 Calon Pengganti Marc Marquez di Honda

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Marc Marquez dipastikan meninggalkan Honda usai MotoGP 2023. Hingga saat ini pihak Honda Racing Corporation (HRC) dibuat pusing dengan menentukan pengganti Marquez.

Sejumlah pembalap muda santer dikabarkan menjadi calon pengganti Marquez di Honda. Setidaknya ada tiga nama: Pedro Acosta, Iker Lecuona, dan Fabio Di Giannantonio. Namun ketiga nama tersebut sulit jadi pengganti Marquez.

Acosta sudah dipastikan tidak akan dilepas KTM. Pihak KTM sudah mempersiapkan satu kursi bagi Acosta untuk berduet dengan Pol Espargaro di GasGas pada MotoGP 2024. Selain itu KTM juga punya klausul kontrak untuk mempertahankan Acosta musim depan.

Dikutip dari Crash, peluang Iker Lecuona juga sangat kecil. Pembalap Honda di Superbike itu justru diyakini akan bergabung dengan LCR Honda musim depan.

Sementara peluang Fabio Di Giannantonio sangat tipis, mengingat prestasi yang ditunjukkan pembalap asal Italia itu bersama Gresini di MotoGP 2023.

Selain itu ada nama Jake Dixon, tapi terlalu riskan bagi Honda untuk merekrut pembalap Moto2 tersebut. Mengingat prestasi Dixon yang tidak mengilap.

Berikut tiga nama pembalap calon pengganti Marc Marquez di Honda mulai MotoGP 2024.

1. Miguel Oliveira
Berdasarkan laporan Speedweek, Oliveira merupakan pembalap teranyar yang dihubungi pihak Honda. Meski masih punya kontrak dengan RNF Aprilia hingga 2024, Oliveira berpeluang meninggalkan tim asal Malaysia itu demi bergabung dengan Honda.

“Honda menghubungi setiap pembalap MotoGP saat ini. Oliveira menerima telepon dari Honda meski masih punya kontrak dengan Aprilia hingga 2024,” tulis Crash.

Oliveira punya pengalaman memperkuat tim pabrikan saat tampil bersama KTM pada musim 2021 dan 2022. Prestasi pembalap asal Portugal itu juga cukup impresif.

Oliveira hingga kini mengoleksi lima kemenangan di kelas MotoGP, termasuk di MotoGP Mandalika musim lalu.

2. Maverick Vinales
Vinales merupakan salah satu pembalap yang diklaim sudah diincar Honda sebelum Marc Marquez mengumumkan hengkang pekan ini.

“Maverick Vinales telah disurvei oleh HRC untuk menggantikan Marquez jika terjadi kepergian!” ucap pengamat MotoGP dari DAZN, Ricard Jove.

Vinales juga masih punya kontrak dengan Aprilia hingga akhir MotoGP 2024. Tapi sulit bagi pembalap asal Spanyol itu untuk menolak jika ada tawaran tim sebesar Honda.

Vinales punya pengalaman tiga kali memperkuat tim pabrikan MotoGP: Suzuki, Yamaha, dan Aprilia. Pengalaman itu membuat Maverick dipastikan tidak punya masalah dalam hal adaptasi jika bergabung dengan Honda.

Menariknya Vinales bukan satu-satunya sosok dari Aprilia yang dibidik pihak HRC. Honda diklaim juga berusaha merekrut CEO Aprilia Massimo Rivola untuk memimpin tim Repsol Honda musim depan.

“Dan hati-hati, Vinales bukan satu-satunya elemen Aprilia yang dihubungi Honda. Rivola juga bisa disertakan dalam paket!” tulis pihak Crash.

3. Johann Zarco
Zarco merupakan pilihan paling mudah bagi Honda. Pasalnya pembalap asal Prancis itu sudah dipastikan bergabung dengan LCR Honda di MotoGP 2024 setelah Franco Morbidelli menggantikan posisi Zarco di Pramac Ducati.

Zarco punya pengalaman menunggangi sepeda motor Honda saat memperkuat LCR pada musim 2019 meski hanya tiga balapan. Tapi pembalap 33 tahun itu merupakan salah satu pembalap paling berpengalaman di MotoGP saat ini.

Jika HRC memutuskan untuk mempromosikan Zarco ke tim pabrikan, maka posisi Zarco di LCR Honda hampir pasti akan digantikan Iker Lecuona, yang beberapa kali menggantikan Marquez di MotoGP musim ini.

pri

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

36 menit ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

7 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

9 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

9 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

10 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

10 jam ago