HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Adibah Yahya Bahas Pengaruh Volatilitas, Nilai Tukar, Sentimen Pasar, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perilaku Herding

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Adibah Yahya pada Senin (9/10/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada sidang promosi Doktor Ilmu Manajemen ini berjudul Pengaruh Volatilitas, Nilai Tukar, Sentimen Pasar, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perilaku Herding Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Investasi yang Dimoderasi oleh Asimetri Informasi pada Pasar Modal Syariah di Era Pandemi Covid-19.

(Foto: ran/pasjabar)

Adibah mengatakan Pasar Modal Syariah merupakan bagian dari sistem pasar modal Indonesia yang menerapkan prinsip syariah. Investasi yang banyak dilakukan di pasar modal syariah adalah saham. Perkembangan saham syariah dapat ditunjukkan melalui nilai kapitalisasinya yang terus meningkat.

Salah satu indeks yang terdapat di pasar modal syariah adalah JII 70, yang ditetapkan pada tahun 2018. Keadaan masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan pertumbuhan saham syariah sehingga pasar modal syariah menjadi ujung tombak alternatif pendanaan.

“Perilaku herding terindikasi pada kondisi pasar naik-turun, volume dan volatilitas. Pelemahan nilai tukar selama masa pendemi Covid-19 di seluruh dunia termasuk di Indonesia yang menyebabkan risiko ketidakpastian global. Nilai tukar akan memperkuat perilaku herding di pasar modal Indonesia, yang menandakan bahwa investor lebih antusias merespon kabar buruk dibandingkan dengan kabar baik. Perilaku investor melandasi bagaimana cara investor tersebut dalam mengambil keputusan investasi,” jelasnya.

Hasil Penelitian

(Foto: ran/pasjabar)

Adibah menjelaskan bahwa variabel volatilitas, nilai tukar, sentimen Nasar, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku herding. Pengujian menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel volatilitas, nilai tukar, sentimen pasar, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku herding.

“Untuk pengujian pengaruh perilaku herding terhadap keputusan investasi, hasil uji menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan perilaku herding terhadap keputusan investasi. Hasil uji MRA menunjukkan bahwa variabel asimetri informasi memperkuat pengaruh perilaku herding terhadap keputusan investasi,” pungkasnya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Adibah Yahya sebelum sidang terbuka adalah 3.61. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Adibah Yahya dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.63 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Adibah Yahya Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Adibah mengaku selama berkuliah di Pascasarjana Unpas selalu dimudahkan ketika melakukan bimbingan dan aktifitas perkuliahan lainnya.

“Dimudahkan oleh semua pihak, baik dari pihak Prodi maupun dari sisi administrasi. Sehingga perkuliahan saya bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Ia berharap mahasiswa Pascasarjana Unpas bisa lebih banyak lagi karena menurutnya kuliah di sini tidak terlalu sulit serta selalu diberikan kemudahan. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Prodi Fotografi Unpas Jelajahi Destinasi Unik di Sumedang dan Majalengka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program Studi Fotografi Universitas Pasundan atau Unpas kembali mengadakan kegiatan tracking poin…

41 menit ago

Perapihan Kabel Udara Capai 42 Titik Ruas Jalan Kota Bandung Sepanjang 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung terus melakukan upaya merapikan kabel…

2 jam ago

Firasat Dimas Drajad Mengenai Laga Persib vs Persija Terbukti Nyata

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad merasakan ambisi menggebu jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta…

3 jam ago

Erick Thohir Marah Besar Tentang Kerusuhan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kerusuhan Persib membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir marah,  ketika mengetahui adanya…

3 jam ago

Ketua Umum Viking Persib Kecam Kekerasan Suporter: Kekerasan Tidak Bisa Dibenarkan!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ketua Umum Viking, Tobias Ginanjar, menanggapi kericuhan yang dilakukan oleh oknum suporter…

4 jam ago

Sikap Persib dan LIB soal Kericuhan Usai Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kericuhan terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, tepatnya usai laga…

5 jam ago