HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Okti Andayani Kaji Strategi Kearifan Lokal Pelindungan Masyarakat Adat Suku Baduy oleh Disbudpar Kabupaten Lebak

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Okti Andayani pada Kamis (19/10/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Strategi Kearifan Lokal Pelindungan Masyarakat Adat Suku Baduy oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak.

(Foto: ran/pasjabar)

Okti mengatakan Pemerintah Kabupaten Lebak dan DPRD Lebak pada Tahun 2001 telah melahirkan Peraturan Daerah No. 32 Tahun 2001 tentang Pelindungan Atas Hak Ulayat Masyarakat Baduy. Gangguan Pelestarian lingkungan Baduy yang terdiri atas lingkungan alam dan sistem sosial budaya yang tergantung dari beberapa faktor, faktor tersebut bersifat eksternal (berasal dari luar komunitas) dan internal (berasal dari dalam komunitas).

Hasil Penelitian

(Foto: ran/pasjabar)

Ia menjelaskan hasil penelitian bahwa kebijakan kearifan lokal dalam Pelindungan masyarakat adat Baduy oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak belum maksimal. Dimensi-dimensi yang menentukan penerapan kearifan lokal dalam Pelindungan masyarakat adat Baduy oleh Dimas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak adalah dimensi pengetahuan lokal, nilai lokal, keterampil. lokal, sumber daya lokal, serta unsur mekanisme pengambilan keputusan.

“Ditemukan novelty pada penelitian ini yaitu modifikasi teori kearifan Iokal yang dikemukakan oleh Jim Ife sebagai teori yang dipakai sebagai pisau analisis. Yakni unsur penguatan kelembagaan pada kearifan lokal pelindungan masyarakat adat Baduy,” jelasnya.

Menurutnya strategi untuk mengoptimalkan Kearifan Lokal dalam Pelindungan Masyarakat Adat Baduy, Pemerintah Kabupaten Lebak, khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan perlu melakukan langkah-langkah yang bersifat strategis dengan mengacu kepada pola strategi kebijakan dengan memperioritaskan dimensi-dimensi.

“Pertama dimensi sumber daya lokal, kedua dimensi keterampilan lokal, ketiga dimensi nilai lokal, keempat dimensi mekanisme pengambilan keputusan, kelima dimensi dukungan kelembagaan dan keenam dimensi pengetahuan lokal,” terangnya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Okti Andayani sebelum sidang terbuka adalah 3.65 dan IPK sidang terbuka 3.76. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Okti Andayani dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.67 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Okti Andayani Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Bagi Okti, Pascasarjana Unpas sangat luar biasa banget, banyak sekali yang mendukungnya ketika terjatuh dan ia mengaku sempat hampir berhenti.

“Pembimbing saya dengan sabarnya menyemangati hingga saya bersyukur bisa mencapai titik ini (lulus, red),” ucapnya.

Okti berharap Pascasarjana Unpas ke depan terus lebih baik lagi dan mahasiswanya lebih banyak lagi. “Karena di sini para guru besarnya sangat luar biasa. Tidak hanya mendidik, mereka juga mengetahui apa yang dirasakan oleh mahasiswanya,” pungkasnya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

14 jam ago