PASOLAHRAGA

Pelatih Persib Bicara Pertahanan Borneo FC hingga Stefano Lilipaly

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak sangat mewaspadai kekuatan Borneo FC yang akan dihadapi di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (21/10/2023) malam. Sebab Borneo FC merupakan tim dengan pertahanan tangguh.

“Ini akan menjadi laga yang sulit karena merupakan tim terbaik dan juga tim dengan pertahanan terbaik di liga. Jumlah kebobolannya paling minim di antara tim lainnya,” kata Bojan, Jumat (20/10/2023).

Hal itu jelas mengacu pada data statistik yang dimiliki Borneo FC. Sejauh ini mereka baru 13 kali kebobolan. Itu jadi jumlah paling minim di antara semua kontestan Liga 1 2023/2024.

Borneo FC juga meraih rentetan hasil manis dalam beberapa laga terakhirnya. Itu menjadi tambahan ancaman mengerikan bagi Persib.

Bojan memandang Borneo FC memang bukan tim yang produktif dalam urusan mencetak gol ke gawang lawan. Namun, Borneo FC sangat mengerikan kala bermain, khususnya saat bertahan dan memaksimalkan serangan balik.

Hal itu yang sudah berusaha ia antisipasi. Para pemain Persib pun sudah dilatih untuk bisa mengatasi gaya bermain ‘Pesut Etam’.

“Mereka punya pertahanan yang bagus dan bisa dilihat dalam empat pertandingan terakhirnya mereka hasilnya 1-0, 2-1, 1-0, 1-0 dan artinya mereka tidak kemasukan banyak gol,” ungkapnya.

“Mereka memang tidak mencetak banyak gol, tapi mereka menunggu peluang. Jadi kami harus berhati-hati karena mereka bermain di kandang. Tapi catatan kami di laga tandang juga bagus,” jelas Bojan.

Pemain yang Diwaspadai

Bojan lalu membongkar kekuatan Borneo FC. Salah satu yang patut diwaspadai adalah sosok Stefano Lilipaly. Pencapaian selama ini membuatnya memberi perhatian lebih pada Lilipaly.

Itu karena Lilipaly sudah mencetak delapan assist dan memuncaki daftar top assist. Tak hanya itu, ia juga cukup produktif dengan koleksi enam golnya.

“Stefano (Lilipaly) adalah pemain dengan catatan gol dan assist terbanyak,” ucap pria asal Kroasia itu.

Namun, ia tak melupakan pemain lain. Menurutnya setiap pemain akan memberikan ancaman dan jadi pemain berbahaya dalam berbagai situasi. Misalnya saat bola mati, ada pemain bertubuh tinggi yang bisa membahayakan gawang Persib.

“Mereka juga punya dua full back yang bisa naik membantu serangan. Leo Guntara saya mengenal dirinya sejak di PSM ketika melatih di sana. Bek kanannya juga bisa maju ke depan dan punya naluri menyerang yang tinggi,” tuturnya.

“Jadi ini yang membuat kami harus pintar menghadapi mereka. Gelandang mereka juga bagus, dari lima pemain disana kebanyakan posturnya cukup pendek tapi sangat cepat. Jadi siapa yang bisa memenangi duel di lini tengah saya rasa akan mampu memenangkan pertandingan,” tandas Bojan.

Ambisi Ciro Alves di Kandang Borneo FC

Penyerang Persib Bandung Ciro Alves sudah tak sabar menjajal kekuatan Borneo FC. Kini ia tinggal menunggu waktu karena laga Borneo FC vs Persib.

Persib sendiri menurutnya sudah siap menghantam Borneo FC. Ia dan rekan setimnya tak gentar menghadapi ‘Pesut Etam’ yang akan tampil di kandang sendiri dan didukung suporter fanatik.

“Melawan Borneo akan menjadi laga yang sulit, mereka adalah tim yang sangat bagus. Mereka bermain dengan kompak dan ada pemain bagus pada setiap posisinya. Tapi saya dan rekan-rekan satu tim sudah siap untuk fight di pertandingan ini,” ujar Ciro, Jumat (20/10/2023).

Ia lalu menyebut posisi Borneo FC yang kini jadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 2023/2024. Itu menegaskan bahwa mereka tak bisa diremehkan dan punya kekuatan mengerikan.

“Saya rasa ini akan jadi laga berat bagi Persib karena Borneo juga main di kandang, mereka pasti punya motivasi ganda. Tapi Persib sudah siap untuk pertandingan ini, menurut saya ini akan jadi laga yang menarik untuk ditonton oleh suporter,” jelas Ciro.

Target di Kandang Lawan

Kemenangan jelas jadi tujuan utama Persib dan Ciro Alves. Setidaknya, minimal satu poin akan diupayakan untuk diraih.

Namun terlepas dari target itu, ada ambisi pribadi yang ingin diwujudkan Ciro. Ambisi itu adalah mencetak gol atau memberikan assist.

Ciro sendiri cukup getol mencetal gol bagi Persib dalam laga tandang. Begitu juga dengan assist. “Saya mencetak enam atau tujuh gol ketika tandang. Tapi tidak apa-apa, ini normal, ini sepakbola dan ini posisi saya adalah winger,” ungkap Ciro.

Pemain asal Brasil itu mengaku sebenarnya tugasnya di lapangan lebih ditempatkan sebagai ‘pelayan’, yaitu memberi assist bagi David da Silva. Namun jika ada kesempatan mencetak gol, ia akan memaksimalkannya.

Saya bermain di sayap kanan atau kiri, terkadang sebagai striker. Tugas utama saya adalah memberi assist kepada David, tapi jika memiliki kesempatan mencetak gol, maka saya akan mencobanya,” paparnya.

Saat melawan Borneo FC, ia pun akan dihadapkan pada prioritas antara mencetak gol atau memberikan assist. Ia sendiri tak masalah dan akan mengupayakan mana yang lebih realistis untuk kemenangan tim.

“Memang laga besok akan sulit, tapi saya akan mencoba mencoba mencetak gol atau memberikan assist, saya akan melakukan yang terbaik besok,” pungkas Ciro.

Lini Depan Persib Jadi Perhatian Borneo FC

Borneo FC sudah siap menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2023/2024. ‘Pesut Eta’ akan jadi tuan rumah dan didukung suporternya.

Kemenangan jelas jadi incaran. Selain karena tampil di kandang, Borneo FC ingin terus menjaga momentum tetap berada di poisis teratas klasemen sementara.

“Kami berada di posisi bagus saat ini dan kami ingin paruh pertama ini ada di jalan yang benar. Jadi, kami sangat menantikan laga besok,” ucap pelatih Borneo FC Pieter Huistra, Jumat (20/10/2023).

Disinggung soal kekuatan Persib, ia memandang lini depan jadi sorotan. Sebab Persib punya daya gedor mumpuni dan penyelesaian akhir yang baik.

“Persib adalah tim yang bagus. Mereka memulai dengan lamban di liga. Tapi di 6-7 laga terakhir mereka sangat serius. Bagian terpenting adalah penyerang mereka,” ujarnya.

Huistra memandang Persib berkembang dari satu laga ke laga berikutnya. Namun, Borneo FC juga melakukan hal serupa.

“Bagi kami dengan jalan seperti itu, ini akan menjadi pertandingan yang menarik karena kami juga berkembang. Kami juga bisa bermain lebih baik. Kami punya ambisi yang jauh di musim ini,” katanya.

Optimisme Hadapi Persib Bandung

Gelandang Borneo FC Kei Hirose mengungkap optimisme besarnya kala menghadapi Persib. Tiga poin diyakini akan mampu digenggam.

“Kami sangat antusias melawan Persib. Kami rasa kami bisa mengalahkan mereka di kandang kami,” tegasnya.

Sementara itu, apapun hasil pertandingan melawan Persib, Borneo FC tetap akan jadi pemuncak klasemen. Sebab saat ini mereka punya raihan 31 poin.

Jika menang atau seri saat melawan Persib, Borneo FC akan makin kokoh karena bakal mengantongi 34 poin atau 32 poin. Sedangkan jika kalah, poin mereka akan tetap 31.

Sementara Persib jika menang berpeluang naik dari posisi ketiga naik ke peringkat kedua. Persib sendiri saat ini ada di posisi ketiga dengan 27 poin. Sedangkan peringkat kedua ditempati Madura United yang mengoleki 30 poin. (ars)

Aris

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago