PASPENDIDIKAN

Wisudawan Termuda ITB Mahasiswa FTMD Lulus Usia 19 tahun

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMZivanka Nafisa Wongkaren Program sarjana dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) menjadi lulusan termuda dengan usia 19 tahun 1 bulan. Zivanka menjadi salah satu wisudawan dalam sidang Terbuka Wisuda Pertama Tahun Akademik 2023/2024, di Auditorium Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Sabtu (28/10/2023).

Sebanyak tiga orang menjadi wisudawan termuda untuk setiap program. Mereka adalah Zivanka Nafisa Wongkaren untuk program sarjana dari FTMD dengan usia 19 tahun 1 bulan; Jeane Irene Beatrice Gloriana Zebua Wanggai untuk program magister dari FTSL dengan usia 21 tahun 03 bulan; dan Putu Veri Swastika untuk program doktor dari FMIPA dengan usia 26 tahun 4 bulan.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan kembali tentang integritas, pengetahuan, dan moralitas. Dengan diraihnya gelar akademik sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi, tanggung jawab yang diemban pun lebih tinggi untuk berkiprah dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Kita semua percaya dan berharap, bahwa para lulusan dapat berperanan bukan saja sebagai agent of knowledge, melainkan juga sebagai agent of morality. Sebab, tanpa moralitas, penguasaan pengetahuan menjadi sesuatu yang kurang berguna bagi kehidupan. Atas dasar ini, penting bahwa seorang sarjana berupaya terus-menerus untuk mengembangkan dan memperkuat perilaku kesarjanaan, sehingga membentuk integritas kesarjanaan,” ujarnya.

Menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045, beliau percaya setiap lulusan ITB mengemban peranan kunci dalam berbagai bidang.

“Kemajuan bangsa Indonesia membutuhkan kemajuan dan penguasaan pengetahuan para sarjana. Ini harapan kita bersama. Saya percaya harapan ini akan terwujud jika para sarjana semakin memiliki integritas kesarjanaan yang kuat,” ujar beliau.

Kegiatan yang bertepatan dengan peringatan ke-93 Hari Sumpah Pemuda ini digelar 2 sesi. Sesi I diikuti wisudawan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), dan Sekolah Pascasarjana (SPs). Sementara itu, Sesi II diselenggarakan bagi wisudawan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Sekolah Farmasi (SF), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI).

Sebanyak 5.420 lulusan diwisuda dalam kesempatan tersebut, dengan perincian program sarjana 3.581, magister 1.722, dan doktor 117 orang.

Pada Wisuda Oktober kali ini, 2.124 lulusan mendapatkan predikat cumlaude, 1.514 untuk lulusan program sarjana, 570 lulusan program magister, dan 40 lulusan program doktor.

Dari banyaknya lulusan, wisudawan dengan IPK tertinggi untuk program sarjana diraih oleh Fachriza Andhika Putra dari Program Studi Teknik Kimia, FTI dengan IPK 3.99 dan IP 4. Sementara itu, wisudawan dengan IPK 4.0 program magister sebanyak 40 orang dan program doktor 6 orang. (*/tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

2 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

3 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

4 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

5 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

5 jam ago