PASBANDUNG

Kemah Bakti Harmoni Beragama II Kemenag Jabar Jaga Keragaman dan Mengharmonisasi Segala Perbedaan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sekitar 8.000 peserta mengikuti Kemah Bakti Harmoni Beragama II Saka Amal Bakti Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat di Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (22/12/2023).

Peserta terdiri dari penyuluh lintas agama, Kepala KUA se-Jawa Barat, siswa-siswi madrasah, santri, dan penganut agama lainnya. Mereka mengikuti perkemahan selama 3 hari dari 22-24 Desember 2023.

Hadir dan membuka kegiatan tersebut adalah Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Ia mengapresiasi Kemah Bakti harmoni ini, karena melibatkan semua pemangku agama.

“Acara yang diinisiasi oleh Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat. Saya kira bagus karena ini melibatkan semua siswa dari semua agama, baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu,” ungkap Gus Yaqut.

“Kemah ini juga melibatkan pemuka agama. Saya kira ini menjadi cerminan bagimana semangat untuk menjaga keragaman mengharmonisasi segala perbedaan yang dimiliki Indonesia itu sangat kuat terutama di Jabar. Kita harus support ini dan tentu memberikan apresiasi yg setingg-tingginya,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. Ajam Mustajam mengatakan Kemah Bakti Harmoni Beragama Saka Amal Bakti ini dilaksanakan untuk kedua kalinya.

“Pertama kalinya dilaksanakan pada tahun 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu inovasi untuk mengkampanyekan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menerima keragaman, membangun rukun, dan harmoni di Indonesia,” ujar Ajam.

Penguatan Moderasi Beragama

Dikatakan Kemah Bakti Harmoni Beragama ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Program Prioritas Kementerian Agama yaitu Penguatan Moderasi Beragama.

“Kegiatan ini juga wujud dari rukunnya semua kader anak bangsa siswa-siswi dari berbagai agama, berkumpul bersama membangun harmoni, sukacita, bergandengan tangan dengan tulus dan rasa saling memiliki serta persaudaraan yang abadi,” katanya.

“Saya berharap dengan kegiatan Kemah Bakti Harmoni Beragama ini, peserta akan menjadi agen perubahan yang akan membawa Indonesia yang lebih hebat, lebih maju, dan lebih sejahtera lahir dan batin,” harap Ajam.

Menurutnya, Kemah Bakti Harmoni Beragama akan menjadi agenda rutin Saka Amal Bakti Kemenag Jawa Barat. Hal ini merupakan bukti inovasi Saka Amal Bakti yang merupakan pelopor dibentuknya Saka Amal Bakti yang telah di SK-kan oleh Kwarda Jawa Barat.

“Saka Amal Bakti ke depannya bisa menjadi pelopor Saka Amal Bakti Nasional,” jelas Ajam.

Turut hadir pada kegiatan ini seluruh pejabat di lingkungan Kemenag Provinsi Jawa Barat dan Kab/kota se-Jawa Barat. (fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

14 jam ago