HEADLINE

Sidang Promosi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas, Agoes Hari Edy Wibowo

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProgram Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen Agoes Hari Edy Wibowo yang dilaksanakan di Aula Mandalasaba, dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung, Rabu (24/1/2024).

Sidang Doktor Agoes Hari Edy Wibowo diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc  Prof. Dr. Ir.H.Eddy Jusuf,Sp,M.Si., M.Kom., IPU sebagai Direktur Pascasarjana Unpas sekaligus Promotor, Dr. H. Undang Julu, S.E.M.P (Co Promotor),  Prof.Dr. H.M. Sidik Priadana,MS (Penelaah/penguji), Dr.H.Juamin,S.E,M.Si (Promotor/penguji).

Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen Agoes Hari Edy Wibowo. (Foto : tie/Pasjabar)

Disertasi yang disidangkan pada sidang promosi Doktor Agoes Hari Edy Wibowo berjudul Pengaruh Impelemntasi Pemasaran Pengalaman, Hubungan Pemasaran dan Kualitas {elayanan Terhadap Pelanggan Serta Implemetasninya Pada Kepercayaan Pelanggan (Survai Pada Klinik Utama di Priangan Timur)

“Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis pengaruh implementasi strategi pemasaran, pemasaran pengalaman, pemasaran hubungan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya pada kepercayaan pelanggan Klinik Utama di Priangan Timur,” papar Agoes.

Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen Agoes Hari Edy Wibowo. (Foto : tie/Pasjabar)

Ia mengatakan jika kepuasan pelanggan sebagai faktor utama dalam membangun dan mempertahankan kepercayaan pelanggan. Dengan metode yang dugunakan adalah metode survei dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dari responden yang merupakan pelanggan layanan klinik utama.

Hasil analisis data dipaparkan Agoes menggunakan teknik analisis jalur menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran, pemasaran pengalaman, pemasaran hubungan, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan.

“Aspek-aspek tersebut merupakan faktor penting dalam menciptakan pengalaman positif hbagi pelanggan klinik utama di Wilayah Priangan Timur. Selain itu, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya klinik utama untuk memperhatikan dan meningkatkan Implementasi strategi pemasaran, pemasaran pengalaman, pemasaran hubungan dan kualitas pelayanan guna meningkatkan kepuasan pelanggan yang akan memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap layanan yang disediakan,” tuturnya.

Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen Agoes Hari Edy Wibowo. (Foto : tie/Pasjabar)

Ia berharap, penelitiannya bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan teori pemasaran, khususnya dalam layanan kesehatan, dan memberikan panduan praktis bagi manajer Klinik Utama dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan.

Sedangkan implikasi praktis dari penelitian Ini untuk membantu menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan berfokus pada kepuasan dan kepercayaan pelanggan.

Agoes menyamapikan jika ia selama studi di Pascasarjana Unpas ia menilai jika Pascasarjana Unpas sangat potensial, dengan tenaga pengajar yang mempuni dan professional, sehingga mahasiswa berantusias selama menjalankan Pendidikan.

Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen Agoes Hari Edy Wibowo. (Foto : tie/Pasjabar)

“Harapan saya Pascasarjana Unpas selebih dikenal di masyarakat karena menurut saya perlu lebih banyak di promosikan dan diedukasi ke masyarakat bahwa Unpas ini memberikan ruang kepada siapa saja yang ingin melanjutkan ke S3,” harapnya.

Dari hasil sidang terbuka Doktor, Agoes Hari Edy Wibowo yang merupakan mahasiswa dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dengan IPK sebelum sidang terbuka yakni 3.60 dan dari hasil sidang terbuka Dokter, Agoes dinyatakan lulus dengan IPK 3.62 dengan Yudisium Sangat Memuaskan. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

24 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

14 jam ago