PASOLAHRAGA

Nama Akram Afif Kembali Menjadi Perbincangan di Piala Asia

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Akram Afif penyerang sayap Qatar ini sangat produktif, dan memiliki peluang menjadi topskor Piala Asia 2023. Akram Afif memang sepertinya terlahir untuk jadi bintang di Piala Asia.

Pada Piala Asia 2019, Qatar menjadi juara. Saat itu, Almoez Ali yang menjadi pembicaraan. Sebab, penyerang Qatar itu menjadi pencetak gol terbanyak turnamen. Namun, Akram Afif memiliki peran yang tak kalah penting dalam turnamen yang berlangsung di Uni Emirat Arab tersebut.

Afif mampu membuat 10 assist dan satu gol dari total 19 gol Qatar di Piala Asia 2019. Artinya, Afif berkontribusi lebih dari 50 persen gol yang Qatar buat. Maka, selain Almoez Ali, Afif adalah sosok penting ketika Qatar menjadi jawara di Piala Asia 2019.

Setelah Piala Asia 2019, Qatar mengikuti Copa America 2019, Concacaf Cold Cup 2021, dan Piala Dunia 2022. Namun, dalam tiga ajang itu, nama Afif tak menonjol. Bahkan, di Piala Dunia 2022 di kandang sendiri, Afif tak bisa membuat gol.

Kini, di Piala Asia 2023 yang berlangsung di tahun 2024, Afif kembali menunjukkan kehebatannya. Dia kini sudah membuat lima gol. Dia hanya terpaut satu gol dari topskor sementara, Aymen Hussein dari Irak.

Afif masih punya satu laga yakni di final yang akan berlangsung pada 10 Februari 2024 mulai pukul 22.00 WIB di Lusail Stadium. Artinya, dia masih memiliki kesempatan melewati capaian Hussein.

Pernah di Eropa
Afif yang kini berusia 27 tahun, pernah merantau ke Eropa. Dia pernah membela klub asal Belgia Eupen. Eupen adalah klub yang pernah dibela bek timnas Indonesia Jordi Amat dan kini bek Indonesia lainnya Shayne Pattinama juga bermain di Eupen.

Setelah semusim di Eupen pada 2015-2016, Afif berlabuh ke Villarreal Spanyol. Namun, dia tak pernah bermain di Liga Spanyol bersama Villarreal. Sebab, Afif sering dipinjamkan ke klub lain. Setelah tiga musim merantau di Eropa, Afif memutuskan balik ke Qatar.

Dia kini bermain di Al Sadd, Qatar. Sejak 2018 sampai sekarang, Afif sudah membuat 87 gol bagi Al Sadd di ajang Liga Qatar.

pri

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

14 jam ago