HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Manajemen Suhardiman Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Bisnis dan Kompetensi Manajerial

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Suhardiman pada Kamis (7/3/2024).

(Foto: ran/pasjabar)

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc.

Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU., ASEAN. Eng (Direktur/Penelaah), Prof. Dr. Ir. H. Iman Sudirman, DEA (Promotor), Dr. Atty Tri Juniarti, S.E., M.Si. (Co. Promotor), Prof. Dr. H. M. Sidik Priadana, MS (Penelaah), Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si (Penelaah) dan Prof. Dr. H. Bambang Heru P, MS (Penelaah).

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Manajemen ini berjudul Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Bisnis dan Kompetensi Manajerial Terhadap Komitmen Afektif Serta Dampaknya pada Kinerja Direktur BUMDes yang Dimoderasi oleh Implementasi Kebijakan Pengelolaan pada Badan Usaha Milik Desa Provinsi Riau.

“Penelitian ini dilakukan pada direktur BUMDes kategori maju di Provinsi Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dan Sampel penelitian terdiri dari 253 responden dengan menggunakan sampel jenuh.

Hasil Penelitian

(Foto: ran/pasjabar)

Suhardiman menjelaskan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, lingkungan bisnis dan kompetensi manajerial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen Afektif. Selain itu, komitmen Afektif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Direktur BUMDes dan Implementasi Kebijakan Pengelolaan BUMDes terbukti memoderasi pengaruh dari komitmen afektif terhadap kinerja Direktur BUMDes.

“Temuan ini menunjukkan pentingnya peran kepemimpinan, lingkungan bisnis dan kompetensi manajerial dalam meningkatkan komitmen afektif dan kinerja direktur BUMDes,” jelasnya.

Bupati Kuantan Singingi ini menerangkan implikasi penelitian ini adalah perlunya Badan Usaha Milik Desa di Provinsi Riau untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia. Terutama direktur BUMDes, guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan BUMDes.

“Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen afektif dan kinerja direktur BUMDes,” pungkasnya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Suhardiman sebelum sidang terbuka adalah 3.62. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Suhardiman dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.65 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Suhardiman Selama Kuliah di Pascasarjana Unpas

(Foto: ran/pasjabar)

Suhardiman mengaku selama berkuliah di Pascasarjana Unpas sangat nyaman dan menurutnya tata kelola kampusnya sangat luar biasa.

“Orang-orang di sini bahasanya santun, budayanya luar biasa. Bagian yang tak akan terlupakan dalam kehidupan saya selama Saya berkuliah hampir 5 tahun di sini,” ucapnya.

Suhardiman berharap Pascasarjana Unpas ke depan dapat menambah program baru di Bidang Ilmu Doktor dan bisa melahirkan Doktor-Doktor yang hebat. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago