HEADLINE

Google Doodle Peringati Hari Perempuan Internasional

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMGoogle doodle hari ini menampilkan tampilan Memperingati hari Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day), yang diperingati setiap Tanggal 8 Maret 2024.

International Women’s Day merupakan perwujudan meningkatkan kesetaraan, menghilangkan diskriminasi, serta menjamin hak-hak kaum perempuan serta dalam rangka mendukung aksi melawan ketidaksetaraan gender di seluruh dunia.

Adapun tujuan memperingati hari perempuan internasional, untuk merayakan pencapaian perempuan di segala bidang seperti sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Disamping itu, sebagai pertanda terkait seruan dan mengambil tindakan mempercepat kesetaraan gender.

Seperti kutip dari beberapa sumber, peringatan ditujukan bagi kaum perempuan di seluruh dunia pertama kali diadakan pada bulan Maret tahun 1911. Sebelumnya, pada tahun 1908 sempat terjadi kerusuhan dan perdebatan kritis di kalangan perempuan, hal ini disebabkan karena terjadinya penindasan dan ketidaksetaraan di kalangan perempuan.

Dari kejadian tersebut, akhirnya perempuan berusaha untuk menjadi lebih vokal dan lebih aktif dalam pergerakan. Pergerakan itu pun terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Hingga di tahun 1911, tepatnya di Kopenhagen, Denmark, terjadi persetujuan bulat untuk mendirikan Hari Perempuan Internasional. Negara Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss, menjadi negara pertama yang menjalankan peringatan internasional pada 19 Maret. Kemudian di tahun berikutnya, Rusia menyusul untuk merayakan peringatan hari perempuan internasional pada tanggal 23 Februari.

Setiap tahunnya, peringatan Hari Perempuan Internasional mengambil tema yang berbeda. Dilansir dari dari situs internationalwomensday.com, tema kampanye Hari Perempuan Internasional 2024 adalah “Inspire Inclusion”, sementara, tema PBB untuk perayaan Hari Perempuan Internasional kali ini adalah “Invest in women: Accelerate progress” yang bertujuan untuk menyoroti minimnya investasi dana untuk upaya-upaya kesetaraan gender. Selamat Hari Perempuan Internasional untuk seluruh Perempuan di seluruh dunia. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

5 menit ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

44 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago