HEADLINE

Persib Kalahkan Persija 2-1, Bojan Hodak Sempat Grogi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Persib Bandung meraih kemenangan 2-1 atas Persija Jakarta pada pertandingan pekan ke-28 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3/2024).

Babak Pertama

Persib Bandung babak pertama masih bermain imbang 1-1 dengan Persija Jakarta. Persib unggul lebih dulu melalui gol David Da Silva menit 23 sebelum disamakan Maciej Gajos (28).

Pada pertandingan ini, Persib Bandung menampilkan starter yang sama dengan laga kontra RANS Nusantara FC, pekan lalu. Kevin Mendoza di bawah mistar dikawal Alberto Rodriguez dan Nick Kuipers. David Da Silva, Ryan Kurnia dan Ciro Alves menjadi juru gedor.

Laga bergulir, Persib menguasai permainan. Stefano Beltrame mendapat ruang di luar kotak penalti di menit 11. Tapi sepakan mendatarnya masih menyamping ke sisi kanan gawang. Semenit berselang, David juga melepaskan sepakan keras, tapi arahnya masih melenceng.

Menit 20, pemain Persija, Hanif Sjahbandi melakukan pelanggaran keras kepada Ryan Kurnia yang membuat wasit langsung mengeluarkan kartu kuning. Ini jadi kartu kuning pertama yang dikeluarkan wasit di pertandingan ini.

Menit 23, umpan silang Ryan mengarah ke mulut gawang dan langsung disambar oleh Ciro. Sayang, sontekan Ciro bisa dihalau Andritany.

Sepak pojok menghasilkan gol pertama PERSIB melalui sontekan David Da Silva setelah tandukan Alberto gagal diamankan oleh Andritany.

Menit 27, Rezaldi melakukan pelanggaran terhadap Oliver Saludares Bias. Pelanggaran Rezaldi menghasilkan kartu kuning untuknya. Dari tendangan bebas, pemain Persija Maciej Gajos menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Menit 34, Marc melepaskan sepakan keras tapi bola bisa ditepis Andritany. Di menit 37, Nick melihat Andritany keluar dari gawang sehingga ia melepaskan sepakan jarak jauh, tapi sayang bola masih sedikit melenceng dari sasaran.

Menit 40, David mendapat bola di dalam kotak dan lepaskan sepakan kaki kiri tapi tembakannya bisa diblok oleh pemain lawan.

Babak pertama memasuki waktu tambahan dua menit. Persija mendapat kesempatan melalui tendangan bebas, tapi barisan pemain Persib mampu menghalau eksekusi Ryo Matsumura. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1.

Babak Kedua

Persib Bandung hampir mendapatkan penalti pada menit ke-66. Andritany melanggar Stefano Beltrame dalam situasi one on one. Tapi, sebelumnya terjadi pelanggaran pada salah seorang pemain Persija oleh David Da Silva.

Wasit akhirnya mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-67. Handball Rizky Ridho di dalam kotak penalti saat mengantisipasi bola udara menjadi sebabnya. David Da Silva mampu menunaikan tugasnya dengan baik, Persib unggul 2-1.

Persija nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Tendangan Matsumura dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis kiper Persib, Kevin Ray Mendoza.

Hingga pertandingan selesai, Persib vs Persija tak ada gol tambahan. Pangeran Biru mengalahkan Persija dengan skor 2-1.

Dengan hasil ini, Persib tetap ada di posisi kedua klasemen Liga 1 dengan raihan 51 poin. Sementara itu, Persija ada di peringkat ke-10 dengan koleksi 35 poin.

Pelatih Persib Bojan Hodak mengatakan, kemenangan tidak diraih dengan mudah. Apalagi, pada pertandingan sarat gengsi ini, para pemainnya sempat tampil grogi sehingga banyak melakukan kesalahan mendasar.

“Ini tetap sulit karena bisa dilihat tadi semuanya masih grogi dan melakukan kesalahan teknis dan mendasar. Karena ada tekanan dari laga ini. Tapi pada akhirnya yang terpenting adalah tiga poin,” kata Bojan dalam konferensi pers usai pertandingan.

Pelatih asal Kroasia ini tetap menaruh hormat untuk lawannya. Walaupun diakui permainan tidak terlalu menarik, kedua tim tetap menampilkan yang terbaik.

“Kami juga menaruh respek kepada Persija karena saya rasa kedua tim secara taktikal memainkan permainan yang bagus,” ucapnya.

Bojan pun mengapresiasi anak asuhnya yang berhasil menutup ruang gerak pemain depan Persija. “Karena itu, gol datang dari situasi bola mati. Jadi tidak banyak yang dilakukan lawan dan ini adalah pertandingan yang penting,” ucapnya.

Susunan pemain

Persib: 29-Mendoza, 12-Henhen Herdiana, 2-Nick Kuipers, 22-Alberto, 56-Rezaldi Hehanussa (5-Kakang Rudianto 88′), 96-Ryan Kurnia (7-Beckham Putra 57′), 23-Marc Klok, 11-Dedi Kusnandar, 77-Ciro Alves (97-Edo Febriansah 82′), 19-David da Silva, 93-Stefano Beltrame (9-Ezra Walian 80′).

Persija: 26-Andritany, 22-Oliver Bias (25-Riko Simanjuntak 83′), 2-Rio Fahmi, 74-Rizky Ridho, 19-Hanif Sjahbandi (77-Dony Tri Pamungkas 74′), 11-Firza Andika, 8-Syahrian Abimanyu (58-Rayhan Hannan 73′), 24-Resky Fandi, 10-Maciej Gajos, 7-Ryo Matsumura (99-Aji Kusuma 83′), 9-Marko Simic.

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

4 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

5 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

7 jam ago