HEADLINE

REHAT: Nutrisi Saat Ramadan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Saat puasa Ramadan asupan makanan yang dikonsumsi perlu dioptimalkan dan harus didukung dengan asupan nutrisi yang memadai karena waktu makan dalam satu hari terbatas.

Spesialis Gizi dr. Mia Miranda, Sp.GK, M.Kes mengatakan asupan saat puasa Ramadan makan sahur dan berbuka harus diperhatikan nutrisi yang masuk agar bisa bekerja dan beraktifitas dengan baik.

“Kalau kita tidak bisa menjaga asupan buka atau sahur, kita akan lemas. Akhirnya apa yang jadi target kita untuk memperoleh pahala jadi terkurangi,” kata dr. Mia dalam REHAT program kerja sama Pas TV dan Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan, Selasa (26/3/2024).

dr. Mia mengatakan sahur adalah jatah makan pagi, hal ini berarti menu untuk sahur harus lengkap seperti nasi atau pengganti nasi, kemudian lauk yang mengandung protein, hewani atau nabati dan jangan lupa untuk konsumsi buah serta minum air putih.

Kemudian ada istilah “berbukalah dengan yang manis” kata dr. Mia jangan sampai salah arti karena istilah tersebut bukan berarti harus berbuka dengan manisnya gula atau sirup tapi bisa diganti dengan buah-buahan segar.

Kalau untuk menu berbuka, dr. Mia menyampaikan tergantung dari tujuannya untuk apa. Jika untuk menaikkan berat badan bisa mengonsumsi takjil seperti cendol, kolak dan makanan manis lainnya. Tapi untuk menurunkan berat badan, harus mengatur pola makannya.

“Saat berbuka kita bisa konsumsi jus buah-buahan, habis itu kita minum air putih, kemudian kita makan utama, terus setelah salat tarawih kita hanya memenuhi asupan minuman saja,” terangnya.

Ia juga mengatakan pentingnya sayuran dan buah-buahan saat berpuasa. Buah-buahan dan sayuran membuat tubuh tidak mudah lapar. “Karena ada serat disitu, tapi selain itu ada vitamin dan mineral untuk menjaga kulit kita,” jelasnya.

Efek Konsumsi Kopi dan Teh Saat Puasa

Disamping itu, dr. Mia juga menyebut hindari untuk mengonsumsi kopi dan teh saat puasa karena mengandung kafein. “Karena kafein sifatnya adalah lebih cepat membuat kita buang air kecil berlebih dan menyebabkan dehidrasi,” jelasnya.

dr. Mia memberikan tips agar bisa menjalankan puasa dengan baik, pertama adalah sahur dengan menu lengkap yang didalamnya terdapat sayur dan ada buah agar tidak sembelit dan minimal air putihnya tiga gelas atau minimal 600 cc.

Kedua, saat buka puasa harus makan makanan yang tinggi serat juga serta makanan lengkap, dan minimal air putih 5 gelas. “Kalau misalkan mau menaikan berat badan silahkan untuk makan yang manis-manis tapi kalau mau turun berat badan berarti konsumsinya buah-buahan dan sayur,” sarannya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago