CAHAYA PASUNDAN

Kebahagiaan Ibadah, Merawat Kualitas Puasa

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Direktur Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag, dalam mengisi Acara Taushiyah Kepada Ketua dan Pengurus Daerah X Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (PD X KB FKPPI) Jawa Barat, dan tamu undangan dalam penyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial Bersama Baznas Provinsi Jawa Barat, di Sekretariat PD X KB FKPPI Jabar, Jl. Banda No. 5 Kota Bandung, Kamis (4/4/2024).

Dua kenikmatan Kebahagiaan Bagi Orang yang Berpuasa, sebagaimana dinyatakan dalam hadits qudsi, Lishoimi Farhataani Farhatun ‘inda iftarihi wa Farhatun ‘inda liqoirabbi, bahwa “Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, yaitu kegembiraan ketika berbuka puasa dan ketika bertemu dengan Rabb-nya, kata KH Ahmad Sarbini dalam taushiyahnya.

Lebih lanjut dalam taushiyahnya ia menambahkan, bahwa masih dalam rangkaian Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Abu Hurairah ini, Nabi Muhammad SAW mengatakan “Puasa itu adalah untuk Aku, Aku sendiri yang akan membalas puasa itu”.

Itulah balasan pahala yang dijanjikan oleh Allah kepada orang-orang yang berpuasa. Pahala- yang sangat luar biasa. Orang yang berpuasa mendapatkan kegembiraan dunia, karena dia telah melaksanakan ibadah puasa dengan ikhlas.

Dia juga akan memperoleh kegembiraan di akhirat ketika akan bertemu dengan Allah SWT. Kegembiraan itu sebagai balasan atas ketataannya atas perintah-Nya.

Pesan kuat puasa dalam adalah merawat kualitas puasa, juga menjaga kualitas puasa itu pasca puasa Ramadhan. Sikap dan perilaku yang terbentuk dari mengamalkan ibadah puasa sesungguhnya tidak terbatas pada perilaku individual tetapi juga sikap sosial.

Perilaku individual dari merasakan lapar dan haus diharapkan dapat menumbuhkan sikap sabar dan iklhas yang merupakan fondasi dan kunci utama untuk membentuk perilaku kehidupan. Secara sosial, ibadah puasa mampu mendorong untuk menumbuhkan ahlak yang mulia, Pungkas Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan bhakti sosial di Bulan suci dengan pemberian santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim piatu sebanyak 100 paket sembako dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, yang bekerja sama dengan BAZNAS Provinsi Jawa Barat.

pri

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

54 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

58 menit ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago