HEADLINE

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Ini Cara Mencegahnya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Saat Lebaran, konsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi cenderung meningkat. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang serius. Seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke. Berikut ini adalah beberapa yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kolesterol naik usai Lebaran yang dilansir dari ALODOKTER pada Jumat (12/4/2024):

1. Batasi konsumsi makanan berlemak

Hari Lebaran memang identik dengan berbagai hidangan yang tinggi lemak jenuh. Meski lezat, tetapi konsumsi makanan tinggi lemak secara berlebihan merupakan salah satu penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol, lho.

Oleh karena itu, untuk mencegah kolesterol naik setelah Lebaran, sebaiknya batasilah konsumsi makanan berlemak, seperti makanan bersantan, makanan yang digoreng, dan makanan yang terbuat dari daging merah.

2. Konsumsi makanan tinggi serat larut

Untuk mencegah melonjaknya kadar kolesterol, cobalah selingi hidangan khas Lebaran dengan berbagai makanan tinggi serat larut. Ini karena makanan tinggi serat larut bermanfaat untuk memelihara bakteri baik pada usus (probiotik) yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Adapun beberapa makanan tinggi serat larut yang dapat kamu konsumsi saat Lebaran adalah buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan oatmeal.

3. Konsumsi makanan yang mengandung omega-3

Omega-3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang umumnya banyak terdapat pada makanan laut, seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, kerang, dan udang.

Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 bisa menurunkan risikomu mengalami kolesterol tinggi setelah Lebaran, karena omega-3 mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, omega-3 juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

4. Tetap berolahraga

Meski sedang merayakan Lebaran, sebaiknya kamu tetap menyempatkan diri untuk berolahraga. Pasalnya, olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuhmu tetap bugar, tetapi juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat.

Penelitian menemukan bahwa melakukan 150 menit Latihan aerobik intensitas sedang dalam seminggu cukup untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu, risiko meningkatnya kadar kolesterol setelah Lebaran bisa dihindari. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

8 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

9 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

9 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago