PASBANDUNG

Pertama di Jabar, Pemkot Cimahi Sukses Integrasikan Sampah jadi RDF

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM – Seiring dengan peringatan Hari Bumi, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi untuk pertama kalinya bisa mengirimkan Refuse Derived Fuel atau RDF ke PT Indocemen yang berada di kawasan Bogor pada Senin (22/4/2024) siang. Pengiriman tersebut secara simbolis dilepas oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.

Diketahui, Pemkot Cimahi telah berhasil mengintergrasikan pemilahan dan pengolahan sampah menjadi RDF untuk pertama kalinya di Jawa Barat dan berada di kawasan TPST Santiong, Kota Cimahi.

Dalam.mengolah dan memilah sampah menjadi RDF sejauh ini baru mampu mengolah sampah sebanyak 30 ton sehari. Dimana settingan alat bisa mengolah ataupun menggilimg sebanyak 50 ton sehari.

Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi mengapresiasi bahwa sejauh ini jajarannya telah berhasil mengolah dan memilah sampah. Sehingga bisa dimanfaatkan dan bernilai ekeonomis. Bahkan Kota cimahi menjadi zero to TPA untuk pengolahan dan pemilahan sampah.

“Tentu semua yang sudah dilihat Pak Gubernur dan bahwa kita semakin optimis untuk mengelola sampah menjadikan Kota Cimahi menjadi zero to renfeel atau zero to TPA karena kontribusi yang dilakukan Santiong dan Lebak saat ini itu kurang lebih 50 ton perhari,” kata Dicky.

Menurutnya yang paling penting kita sudah membuktikan bagaimana pemilahan dan pengolahan sampah. Diantaranya menjadi RDF, magot dan olahan lainnya yang berguna untuk menuju green industri.

Namun begitu, Pemkot Cimahi juga berharap akan banyak peminat RDF yang bukan hanya dari Bogor, akan tetapi juga di Kota Cimahi sendiri. (uby)

Uby

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

9 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

10 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

11 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

11 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

12 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

12 jam ago