HEADLINE

Netizen Nilai Wasit Shen Yinhao Dan Wasit VAR Sivakorn Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia

ADVERTISEMENT

www.pasjabar.com — Perjuangan gigih timnas Indonesia dalam babak semifinal piala AFC U-23 harus kandas oleh tim Uzbekistan 2-0 dipertandingan yang dinilai sangat kontroversial oleh netizen di stadion Abdullah Bin Nasser Bin Khalifa, Senin (29/04).

Kekalahan timnas Indonesia menjadi ramai di media sosial karena wasit yang memimpin pertandingan yakni Shen Yinhao asal Tiongkok dinilai berat sebelah. Shen Yinhao menganulir gol Muhammad Ferari di menit 61. Gol Ferarri sebenarnya tidak bermasalah bersih, tetapi wasit VAR yakni Sivakorn asal Thailand, membuat keputusan berbeda.

VAR dinilai kedua wasit tersebut terjadi Offside karena betis hingga telapak kaki dari Ramadhan Sananta Offside. Hasil tayangan ulang memang hanya betis hingga telapak kaki Sananta yang offside. Sementara Ramadhan Sananta tidak mendapat bola. Umpan bola dari sisi kiri terbentur pemain Uzbekistan dan Sananta lalu liar yang kemudian di manfaatkan Ferarri hingga membuahkan gol.

Namun disaat timnas merayakan gol wasir VAT asal Thailand dan Wasit Shen YinHao menganulir. Tampak sekali setelah gol dianulir mental anak anak asusan Shin Tae-yong drop.

Tujuh menit kemudian menit 68 akhirnya serangan cepat dari sisi kanan, tak mampu dibentuk Norchaev yang berdiri bebas tanpa pengawalan menyontek bola dan menjebol gawang Ari Ernando. Skor 1-0 untuk Uzbekistan.

Keputusan kontroversi lagi terjadi di menit 84 dimana kapten timnas Rizky Ridho yang berhasil menghalau bola dari kaki pemain Uzbekistan, namun tanpa sengaja mengenai area vital pemain Uzbekistan. Hadiah kartu merah dikeluarkan wasit setelah melihat VAR. Hasil VAR yang dipimpin wasit asal Thailand Sivakorn dan Wasit Utama Shen Yinhoa menjatuhkan mental anak anak Indonesia.

Satu menit kemudian, kokohnya pertahanan Indonesia yang dipimpin Rizky Ridho goyah, menit 85 melalui serangan cepat, membuat panik pertahanan Indonesia. Arhan Pratama membuat kesalahan berusaha menyelamatkan gawang malah berebut bola denga kiper Ari Ernando, dan bola malah masuk ke gawang sendiri. 2-0 Uzbekistan.

Skor 2-0 tidak menyurutkan serangan Uzbekistan, berkali kali tendang maupun sundulan para penyerang Uzbekistan diselamatkan tiang gawang yang dikawal Ari Ernando.

Kekalahan dari Uzbekistan membuat Timna Indonesia akan bertanding untuk memperebutkan juara 3 AFC U23 ASEAN CUP. Lawan Indonesia adalah tim yang kalah di semifinal antara Jepang vs Iraq.

Jika Indonesia berhasil menjadi juara tiga, Indonesia masih memiliki kesempatan mendapat 1 ticket Olimpiade namun harus melalui babak Play Off dengan salah satu wakil Afrika. (Jbe)

Jhon Be

Recent Posts

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 menit ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

42 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago