PASBANDUNG

Hari Kebangkitan Nasional 2024, Inovasi Teknologi untuk Indonesia Emas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Hari Kebangkitan Nasional 2024 ini, perlu menguasai inovasi teknologi digital dan harus menjadi bagian integral dari peradaban kita saat ini. Inovasi teknologi akan mendorong perubahan revolusioner dalam kehidupan manusia.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Pemerintah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, saat memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2024 di Balai Kota Bandung pada Senin (20/5/2024).

“Dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” kata Hikmat dilansir dari situs resmi Pemkot Bandung.

Sekitar 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade mendatang akan berada dalam kelompok usia produktif, siap untuk mengembangkan inovasi baru, sebuah fenomena yang dikenal sebagai bonus demografi.

Salah satu faktor kunci yang mendukung hal ini adalah adopsi teknologi digital. Penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79,5 persen dari total populasi.

Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan produktivitas serta profitabilitas bisnis.

Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital dapat meningkatkan akses ke berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap,” ujarnya.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan,” tambahnya.

Beliau menyebutkan bahwa pada titik ini, semua potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan potensi transformasi digital menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045.”

Selain itu, Hikmat menekankan bahwa Hari Kebangkitan Nasional ini juga harus menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran diri dan memperkuat identitas bangsa.

“Dengan menguatkan jati diri kita, kita akan kuat jati diri keluarga kita, akan kuat jati diri negara kita. Saya kira itu barangkali memaknai itu semua,”  tutupnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

20 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

43 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago