PASBANDUNG

Reaktivasi Teras Cikapundung, Pemkot Bandung Perbaiki Beberapa Fasilitas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM  Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) akan meresmikan reaktivasi kawasan BBWS Teras Cikapundung, yang dikenal sebagai Gelaran Mengekspresikan Rindu Cikapundung (Gemericik), pada Minggu, (26/5/2024) mendatang.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menyatakan bahwa persiapan reaktivasi Teras Cikapundung telah selesai. Inisiatif ini bertujuan untuk mengembangkan kawasan Teras Cikapundung menjadi destinasi wisata utama di Kota Bandung.

Menurut Bambang, kawasan Teras Cikapundung harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar serta menjadi daya tarik wisata.

“Kami meyakini, pemerintah, masyarakat, juga komunitas, punya cita-cita dapat menikmati suasana di Teras Cikapundung. Kita ingin reaktivasi ini dapat menarik kunjungan wisatawan,” ujar Bambang dilansir dari situs resmi Pemkot Bandung, Jumat (24/5/2024).

Selain menawarkan keindahan alam, Bambang menjelaskan bahwa kawasan Teras Cikapundung juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas masyarakat, seperti pertunjukan seni, olahraga (senam), hingga diskusi publik.

Bambang menilai, penataan kembali kawasan Teras Cikapundung yang sangat mempesona sejak awal peresmian, perlu dilakukan agar menjadi destinasi wisata unggulan.

“Pemberdayaan masyarakat dalam seluruh kegiatan di Teras Cikapundung harus terus digencarkan. Masyarakat harus punya rasa memiliki dan dilibatkan,” ungkapnya.

Reaktivasi ini akan menampilkan berbagai acara, mulai dari kegiatan olahraga hingga pertunjukan seni dan budaya.

Bambang berharap, dengan reaktivasi ini, Teras Cikapundung dapat kembali menjadi ruang publik yang meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat.

“Mudah-mudahan reaktivasi ini dapat mengembalikan Teras Cikapundung menjadi ruang publik bagi masyarakat dan meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat,” tambah Bambang.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi, mengatakan bahwa semua persiapan reaktivasi Teras Cikapundung sudah selesai, termasuk fasilitas parkir, perbaikan fasilitas, dan pengaturan acara.

Pemkot Bandung telah menyiapkan kantong parkir di kawasan Forest Walk Babakan Siliwangi (Baksil) dan di Teras Cikapundung.

“Semua persiapan telah kita laksanakan dari lintas sektor OPD. Tempat parkir nanti di Baksil. Sementara parkir sepeda motor bisa di lokasi Teras Cikapundung. Kita juga telah menyiapkan zebra cross, penerangan jalan umum (PJU) telah seluruhnya menyala, air mancur juga sudah siap,” ujar Didi.

Sebelumnya, Pemkot Bandung bersama komunitas dan masyarakat pecinta alam telah melakukan aksi bersih-bersih sebagai persiapan untuk Gelaran Mengekspresikan Rindu Cikapundung (Gemericik) di Teras Cikapundung pada 16 Mei 2024 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 peserta. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

6 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago