PASBANDUNG

ICTOH Bantu Ciptakan Generasi Emas Sehat Tanpa Rokok

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berhasil menyelenggarakan Konferensi Indonesia tentang Tembakau atau Kesehatan atau Indonesia Conference On Tobacco Or Health (ICTOH) ke-9 di Kota Bandung.

Menurutnya, acara ini merupakan upaya strategis lintas sektor untuk menciptakan generasi emas yang sehat pada tahun 2045.

Hikmat menyatakan bahwa kegiatan ini memotivasi Kota Bandung untuk terus mendukung komitmen mengenai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), memanfaatkan peluang bonus demografi, dan mencapai target RPJMN 2020-2024.

“Kita wajib mewariskan lingkungan yang sehat kepada generasi masa yang akan datang. Alam, udara, air, dan tanah yang bersih. Salah satu praktek baik yang dilakukan ICTOH adalah menekan atau menghentikan konsumsi rokok,” kata Hikmat dilansir dari situs Pemkot Bandung, Sabtu (1/6/2024).

Hikmat juga berharap kebijakan pengendalian tembakau di Kota Bandung bisa diwujudkan melalui implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR), khususnya di fasilitas kesehatan, tempat belajar, tempat bermain anak, dan transportasi umum.

Selain itu, ia menyebutkan penerapan kawasan bebas kendaraan seperti di Jalan Braga (Braga Beken) dan Hari Bebas Kendaraan setiap Jumat di sekitar balai kota sebagai upaya lain untuk menciptakan udara yang lebih bersih di Kota Bandung.

“Silakan bapak-ibu menikmati kawasan pusat kota seperti di Jalan Braga, atau Balai Kota Bandung khususnya pada akhir pekan. Di sana, kami menerapkan kebijakan kawasan bebas kendaraan, sehingga bapak-ibu dapat menikmati suasana di sana dengan udara yang lebih bersih,” ujar Hikmat.

Sementara itu, Ketua Panitia 9th ICTOH 2024, dr. Sumarjati Arjoso, menyatakan bahwa Kota Bandung dipilih sebagai tuan rumah konferensi ini karena baiknya penerapan regulasi KTR.

“Upaya pengendalian tembakau di Kota Bandung kami rasa sudah cukup baik. Di sisi lain, kami mendorong seluruh pihak berpartisipasi aktif dalam menekan penggunaan tembakau demi generasi yang lebih sehat,” ujar Sumarjati.

Konferensi Indonesia tentang Tembakau atau Kesehatan (ICTOH) ke-9 tahun 2024 mengusung tema “Hentikan Campur Tangan Industri Tembakau, Demi Perlindungan Anak.” Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago