PASPENDIDIKAN

Tak Antisipasi Pendaftar, Server PPDB Jabar Error

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahap 1 Tahun 2024, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar segera bertindak mengatasi masalah sistem.

“Seperti hari ini (sistem) mengalami down, tim IT bergerak cepat mengatasi gangguan sistem,” kata Plh. Kadisdik Jabar, M. Ade Afriandi, bersama Komisi V DPRD Jabar saat memeriksa kesiapan pelaksanaan PPDB di SMAN 1 Sumedang, SMKN 1 Sumedang, dan SMAN 1 Majalengka, dilansir dari situs Disdik Pemprov Jabar, Selasa (4/6/2024).

Ia menjelaskan, gangguan tersebut disebabkan oleh tingginya potensi kuota pada jalur zonasi yang mencapai 50% dan peningkatan jumlah pendaftar mandiri. Akses yang lebih mudah membuat banyak orang mendaftar, sehingga sistem menjadi terlalu terbebani.

“Namun, kami telah mengantisipasi potensi lonjakan pendaftar dan sedang melakukan evaluasi serta tindakan perbaikan yang diperlukan. Meskipun terjadi gangguan, kami ingin menegaskan bahwa calon peserta didik masih dapat mendaftar secara online di sekolah tujuan dengan bantuan operator sekolah,” ujarnya.

Untuk yang mengalami kesulitan pendaftaran online, Plh. Kadisdik menawarkan solusi alternatif.

“Pertama, apabila calon peserta didik terkendala dalam pendaftaran secara mandiri, dapat melakukan pendaftaran secara online dengan bantuan operator sekolah tujuan,” katanya.

Selain itu, sekolah tujuan bisa membantu mendaftarkan calon peserta didik menggunakan akun operator sekolah.

“Terkait kondisi seperti ini, pimpinan telah memberikan arahan untuk tidak menolak pelayanan offline. Karena, prinsipnya tidak ada yang tertinggal. Semua terlayani, semua pendaftar mendapat pelayanan pendidikan,” tegasnya.

Plh. Kadisdik menekankan, evaluasi terus dilakukan untuk memastikan kelancaran pendaftaran dan kenyamanan calon peserta didik.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kami,” tambahnya.

Selain itu, Plh. Kadisdik menjelaskan bahwa pelaksanaan PPDB 2024 telah sesuai dengan juknis.

“Pertama, mulai dari payung hukum, sarana dan prasarana sudah kami siapkan, termasuk sistem online bekerja sama dengan Diskominfo Jabar,” jelasnya.

Untuk sosialisasi internal, telah dijalankan sejak kick off pada 8 Mei 2024. Dilanjutkan dengan Komitmen Bersama dan penandatanganan Pakta Integritas dari kepala dinas, kepala cabang dinas, kepala sekolah hingga satuan pendidikan. Mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, panitia sekolah, dan operator.

Ia menambahkan, kesiapan pelaksanaan PPDB dilanjutkan dengan simulasi dan mengukur/memitigasi risiko.

“Karena, kita juga tidak mau ada masalah. Mulai hari ini, panitia pelaksana melakukan monitoring evaluasi ke seluruh lokasi, terutama yang dikhawatirkan ada gangguan layanan ataupun karena situasi dan kondisi wilayah,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Plh. Kadisdik didampingi oleh Kepala Bidang PSMK Disdik Jabar, Edy Purwanto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Endang Susilastuti, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Dewi Nurhulaela, serta Koordinator Kehumasan, Dewi Nuraini. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

1 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago